Penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh generasi Z yaitu mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total populasi berjumlah 270,2 juta jiwa. Sedangkan generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen.

Data tersebut merupakan hasil sensus penduduk tahun 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Dengan angka statistik tersebut maka generasi Z dan milenial merupakan pemimpin populasi Indonesia saat ini,” kata Zulhas, sapaan dari Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN.

Sebagai partai yang menampung dan memperjuangkan aspirasi generasi muda,
Partai Amanat Nasional (PAN) melihat hasil sensus BPS tahun 2020 sebagai sebuah realita Indonesia hari ini dan ke depannya.

Maka pada 6 Agustus 2021, bertempat di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengukuhkan para juru bicara Muda yang berasal dari generasi Z dan milenial dengan berbagai latar belakang keahlian berbeda.

“Juru bicara muda yang dikukuhkan hari ini merupakan tahap awal dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap,” tukas Zulhas.

Zulhas menegaskan, tugas para Jubir Muda PAN yang paling utama adalah menyampaikan program – program, kinerja, serta pencapaian PAN kepada publik dengan gaya khas generasi muda. Jubir Muda PAN juga diharapkan dapat berkontribusi memberi masukan, ide, gagasan kepada PAN.

“PAN merupakan partai nasionalis religius, berada di tengah, tidak mau ditarik ke kanan maupun ke kiri, PAN kembali ke jati diri sebagai partai yang terbuka dan inklusif. Kehadiran Jubir Muda PAN dengan berbagai latar belakang keahlian yang berbeda tentu merupakan gisi baru bagi PAN dalam kancah politik Indonesia,” ujar Zulhas.

Adapun para jubir muda tersebut adalah Aliah Sayuti, Ayu Arianti, Dimas Prakoso Akbar, Enggal Pamukty, Faiz Arsyad, Febry Wahyuni Sabran, Valeryan Bramasta dan Faisal Alfansury.

Dimas Prakoso Akbar selaku perwakilan jubir muda PAN mengatakan,

“Inilah bukti keseriusan dan kecintaan PAN terhadap keberadaan generasi muda yang tidak menjadikan generasi muda sebagai komoditas politik 5 tahunan, tetapi PAN mengajak dan membina generasi muda untuk berkontribusi dan berkreasi mewujudkan cita-cita politiknya. Tidak tanggung – tanggung, langsung berada di jenjang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Kami para jubir muda PAN mengucapkan terima kasih kepada PAN. Kini saatnya bagi kami bekerja keras untuk menjawab kepercayaan yang diberikan,” tutup Dimas.