Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menyampaikan rasa duka mendalam atas wafatnya Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Tengah Suyatno pada Minggu (10/10/2021).

Menurut Zulkifli, selama memimpin PAN Jawa Tengah, semangat dan dedikasi Suyatno sangat menginspirasi seluruh kader PAN di Indonesia.

“Beliau aktif memberikan ide dan gagasan, melakukan berbagai terobosan dan tak kenal lelah mengkonsolidasikan kader di Jawa Tengah,” kata Zulkifli, dilansir dari Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Zulkifli mengaku kerap menceritakan Suyatno kepada pengurus dan kader PAN di manapun berada karena sosoknya yang menginspirasi.

Dia bercerita, saat diminta memimpin PAN Jawa Tengah, Suyatno langsung turun dan menggerakkan semua potensi yang ada.

“Kerja politiknya menginspirasi saya dan teman-teman lain. Kepulangan beliau tentu merupakan kehilangan yang sangat besar bagi PAN,” kenang pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Zulhas mengajak semua kader PAN seluruh Indonesia mendoakan arwah Suyatno yang meninggal dunia karena sakit.

“Insya Allah, kita semua bersaksi bahwa beliau orang baik, min ahlil khoir, dan wafat dalam keadaan husnul khotimah. Lahul fatihah,” pungkasnya.

Kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay. Saleh mengatakan, Suyatno meninggal setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya.

Saleh mengenang Suyatno sebagai sosok yang baik dalam internal partai dan banyak menorehkan prestasi.

“Beliau adalah orang baik. Pekerja keras. Tidak pernah menyerah. Banyak menorehkan prestasi,” kata Saleh dalam keterangannya, Minggu (10/10/2021).