Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengapresiasi Pemkab Pesawaran, Lampung dalam penanggulangan dan penanganan Covid-19 serta berhasil menekan penyebarannya.

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Zulhas ini usai melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tahun 2021, di GSG Pemkab Pesawaran, Selasa (21/9/2021).

“Pesawaran menurut saya, salah satu kabupaten terbaik dalam penanganan Covid-19, Pak Bupati (Dendi Ramadhona, red) bagus itu,” kata Zulhas, dilansir dari Rmollampung.id, Rabu (22/9/2021).

Menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, saat ini trend penyebaran Covid-19 di kabupaten yang berjuluk Bumi Andan Jejama terus menurun.

“Sekarang Kabupaten Pesawaran masuk dalam PPKM level 2, kalau sudah begitu kegiatan masyarakat sudah mulai bisa berjalan normal, sekolah sudah bisa pembelajaran tatap muka, karena mungkin presentase pasien positif Covid-19-nya hanya satu dua pasien saja, bisa dibilang antara ada dan tiada,” ujarnya.

Ia juga menyoroti ketersediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Pesawaran, khususnya di Provinsi Lampung yang memang terbatas.

“Untuk soal vaksin Covid-19, Provinsi Lampung memang masih rendah, tapi vaksin memang menjadi kebutuhan se-Indonesia, dan saat ini yang jadi prioritas masih daerah pulau Jawa, karena disana tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi,” timpalnya.

“Namun, saya yakin semua elemen ikut berupaya untuk mendapatkan vaksin dari TNI, Polri, dan partai politik semua upaya, termasuk saya dapat vaksin Covid-19 sebanyak 7500 dosis untuk Provinsi Lampung, khusus untuk Pesawaran nanti kita berikan seribu dosis vaksin,” pungkasnya.