Di sela-sela kunjungannya ke Jawa Timur dalam rangka Safari Ramadan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berkesempatan melakukan shalat Jumat di Masjid Al-Badar yang terletak di kompleks kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Seusai shalat Jumat, takmir masjid meminta Zulhas menyampaikan pidato yang disebut dinantikan para jamaah. Tak bisa menolak permintaan itu, Wakil Ketua MPR itu pun naik mimbar dan menyampaikan ceramah.

Dalam ceramahnya, Zulhas menyampaikan pentingnya menjaga spirit keislaman dan keindonesiaan. Karena para founding fathers kita terdahulu, termasuk para ulama, memperjuangkan nilai-nilai Islam untuk kepentingan bangsa yang luas. “Contohlah Muhammadiyah, membangun sekolah, universitas, rumah sakit, siapapun bisa mengaksesnya. Bukan hanya umat Islam. Itulah esensi dari berislam dan berbangsa.”

Selepas shalat Jumat, Zulhas berdialog dengan PWM Muhammadiyah Jatim yang dipimpin oleh KH. Saad Ibrahim, MA. Dalam safarinya kali ini, Zulhas juga direncanakan hadir di acara santunan di Hotel Mercure Surabaya dan Silaturahmi bersama DPW PAN Jawa Timur.