Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar upacara peringatan HUT ke-76 RI secara virtual pada Selasa (17/8/2021) pagi. Upacara ini serentak digelar se-Indonesia oleh seluruh DPW dan DPD PAN.

Acara utama digelar di dua tempat di Jakarta. Pertama berlokasi di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan, yang menjadi lokasi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bertindak sebagai inspektur upacara dan menyampaikan amanatnya. Sementara pengibaran bendera dilakukan oleh pasukan Simpatik PAN di SMA Muhammadiyah di Jakarta Timur.

Seluruh tamu yang hadir mengenakan pakaian adat masing-masing daerah. Apel dipimpin oleh Wasekjen PAN dr. Irvan Herman yang pernah menjadi anggota Paskibraka Nasional di zaman Presiden Gus Dur.

“Kepada kader-kader PAN di seluruh Indonesia, terutama yang menjabat di eksekutif maupun legislatif, saya perintahkan untuk berbuat yang terbaik bagi rakyat. Tunjukkan karakter kader PAN yang mengedepankan kepentingan rakyat,” ucap Zulhas dalam amanatnya, dilansir dari Kumparan.com, Selasa (17/8/2021).

“Jaga sikap, jaga perilaku, jaga empati. Tampillah menjadi teladan yang terdepan, memberi solusi untuk persoalan-persoalan rakyat. Dengan demikian, PAN akan menjadi partai yang dicintai, dipilih, dipercaya untuk mengemban amanah yang lebih besar,” lanjut dia.

Wakil Ketua MPR ini menuturkan, diakui penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia dan dampaknya belum berjalan maksimal.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah untuk terus membuat kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada kepentingan rakyat, terbuka dengan kritik yang membangun, serta mengajak pemimpin-pemimpin informal untuk bersatu dan berkolaborasi menyelesaikan masalah pandemi.

“Pemerintah harus berposisi sebagai pelayan masyarakat, kolaborator berbagai pihak, otoritas yang menjamin kebaikan dan kemaslahatan semua pihak. Jangan lukai dan khianati rakyat dengan kebijakan yang tidak tepat, penegakkan hukum yang tidak adil, komunikasi yang terkesan arogan dan tidak empatik kepada rakyat,” jelas Zulhas.

Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, upacara virtual serentak bersama jajaran kader PAN diselenggarakan untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air.

 

“Sesuai arahan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hari ini kami melakukan upacara bendera virtual secara serentak oleh kader PAN se-Indonesia untuk memupuk nasionalisme. Agar kader PAN selalu ingat bahwa mereka berjuang untuk bangsa dan negara,” tutup Eddy.

Dalam upacara virtual ini pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh anggota DPR RI dapil Aceh, Nazaruddin Dek Gam. Kemudian teks Pancasila dibacakan anggota dewan asal Papua, sementara pembacaan pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Jubir Muda PAN Aliah Sayuti.