Partai Amanat Nasional (PAN) siap menyambut Pemilu 2024. Tujuannya, PAN ingin merebut kembali kursi-kursi yang hilang dan bahkan ditarget bertambah.

Pada Pemilu 2019, PAN tak ada wakil di DPR RI dari Dapil Jateng padahal sebelumnya 8 kursi. Jumlah kursi di DPRD Jateng menurun dari 8 jadi 6 kursi. Hal yang sama terjadi di DPRD kabupaten/kota di Jateng dari 150 tinggal 86.

Ketua DPW PAN Jateng, Suyatno mengatakan PAN menginginkan kursi-kursi yang dulu dimiliki itu kembali lagi. Bahkan pihaknya menargetkan minimal 1 Dapil 1 kursi. Artinya, target itu bertambah dari capaian pemilu 2014.

“DPR RI Dapil Jateng itu ada 10, kalau untuk DPRD jateng ada 13 Dapil. Targetnya 1 dapil 1 kursi. Orang mungkin memandang targetnya kok tinggi, tapi ketahuilah kalau sebelumnya kita pernah 8 kursi untuk DPR RI dari Jateng,” ujar Suyatno, usai Muscab secara virtual di DPW PAN Jateng, dilansir dari Suaramerdeka.com, Minggu (15/8/2021).

Untuk mencapai target tersebut, sejumlah langkah dipersiapkan. Salah satunya adalah Muscab yang diikuti 401 DPC PAN Jawa Tengah.

Mengusung tema “Sukses Konsolidasi dan Penguatan Organisasi Menuju Kebangkitan PAN Jateng 2024”, Muscab serentak ini bertujuan untuk menetapkan formatur di 401 Kecamatan.

Suyatno menjelaskan, formatur yang terpilih akan bertugas untuk menyusun komposisi kepengurusan tiap DPC di kecamatan masing-masing.

“Selain itu, kami juga akan melakukan pembinaan, pengarahan, dan pembekalan kepada formatur Muscab dan calon pengurus DPC PAN periode 2020-2025,” terangnya.

“Penyelenggaraan Muscab Serentak secara virtual ini bertujuan agar konsolidasi dan pembentukan struktur organisasi di tingkat kecamatan se-Jawa Tengah tetap berjalan. Terlebih di masa pandemi ini jangan sampai menjadi hambatan untuk berkonsolidasi, namun tetap menyesuaikan aturan PPKM masing-masing daerah,” bebernya.

Adapun Muscab Serentak virtual DPC PAN se-Jawa Tengah ini digelar dalam tiga tahapan.

“Tahap pertama diikuti 401 DPC. Tahap kedua nanti tanggal 21 Agustus yang diikuti oleh 118 DPC. Tahap ketiga diikuti 54 DPC yang rencananya diselenggarakan September nanti,” tambahnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan Muscab Serentak virtual ini dilakukan di 426 tempat. Yang terdiri dari kantor DPW PAN Jateng, 24 kantor DPD kabupaten/kota, dan 401 kantor DPC kecamatan.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah membina hubungan lebih harmonis dengan Muhammadiyah. Menurutnya, hal itu mau tidak mau harus dilakukan.

Ia menambahkan, Muscab Serentak PAN Jawa Tengah diikuti oleh pengurus DPW PAN Jateng, pengurus DPD PAN di 24 kabupaten/kota, pengurus DPC PAN tiap kecamatan, calon formatur Muscab di 401 DPC, dan perwakilan DPRT (ranting) di kelurahan/desa.