Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menemui sejumlah kiai dan tokoh kharismatik di Jawa Timur selama sepekan terakhir. Setelah itu, ia tiba-tiba didatangi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menemui Zulkifli malam menjelang dini hari Kamis, 17 Maret 2022. Keduanya tampak berbincang serius tapi santai di tepi pantai Utama Raya Probolinggo.

Tokoh yang akrab disapa Zulhas itu didampingi sejumlah anggota DPR dari PAN asal Jawa Timur di antaranya Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig dan legislator asal Sampang Slamet Aryadi. Ada juga legislator dan aktris pelantun ‘Tenda Biru’ Desy Ratnasari.

Sedangkan Khofifah datang ditemani staf dan ajudan. Mereka langsung duduk mengambil lokasi di sebuah kafe di pinggir pantai.

“Tidak ada apa-apa. Hanya silaturahmi. Ngobrol santai di bawah sinar bulan purnama. Saya dibawakan wedhang corona sama Bu Gub,” kata Zulkifli saat ditanya soal pertemuannya dengan Khofifah, dilansir dari Viva.co.id, Jumat (18/3/2022).

Kedatangan Khofifah ini menarik karena tampak sebagai sesuatu khusus dan memberikan sinyal bergeraknya dinamika politik partai berlambang matahari putih itu di Jatim. Strategi ‘Tenda Biru’ Zulkifli mendatangi sejumlah kiai dan tokoh Jatim terdengar hingga telinga Gubernur Khofifah.

“Bu Khofifah dan Pak Zul adalah dua sahabat lama. Dulu bahkan Ketum PAN 11 hari di Jatim berkampanye saat Bu Khof maju gubernur. Jadi ini pertemuan dua sahabat, saling cerita. Tadi kami matur juga mau ke Paiton dan Bangkalan setelah ini, Bu Gubernur menyarankan ke Genggong juga,” kata Rizki Sadig.

Zulkifli diagendakan bertemu Kiai Zuhri Zaini di Ponpes Nurul Jadid Paiton dan KH Abdullah Syaukat Sirodj di Sidogiri pada hari ini. Ia dan rombongan diagendakan masih berada di Jatim dan Madura hingga Senin, 21 Maret 2022, mendatang. Rangkaian safari politik ini akan ditutup dengan gelaran Sampang bersholawat.