Partai Amanat Nasional menggelar rapat harian terbatas secara daring dan luring. Rapat itu dipimpin langsung oleh ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Kamis (1/7/2021). Rapat digelar dengan protokol kesehatan ketat dan dihadiri oleh lima orang pengurus DPP PAN yakni Sekjen Eddy Soeparno, Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi, Ketua F-PAN DPR RI Saleh Daulay, Ketua POK Mumtaz Rais dan Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio. Sementara pengurus DPP yang lain hadir secara daring.

Menurut Viva Yoga yang bertindak sebagai pimpinan rapat, rapat pimpinan harian ini merupakan agenda rutin partai. Tetapi selama pandemi ini, rapat diselenggarakan secara daring sebagai bentuk tanggung jawab partai dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah¬† menanggulangi pandemi. “Karena hari ini baru diumumkan penerapan PPKM Darurat oleh Presiden, rapat harian pimpinan yang sudah diagendakan, kita sesuaikan dengan format daring terbatas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam sambutannya menyampaikan tiga pesan utama. “Pertama, kita perlu sukseskan bersama upaya pemerintah dalam melaksanakan PPKM Darurat. Ini untuk kebaikan semua pihak. Kedua, saya meminta semua pengurus PAN di semua tingkatan, anggota dewan, kepala daerah, bekerja sungguh-sungguh untuk menangani dan menangulangi Covid19 ini serta dampaknya di masyarakat,” pesannya.

Lebih lanjut Zulhas juga menyampaikan poin ketiga yang ia minta dikawal di parlemen, “Ketiga, ini yang terpenting, PAN meminta pemerintah memperhatikan dampak-dampak susulan dari penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali ini. Terutama soal ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akibat pembatasan kegiatan masyarakat.” Dalam kesempatan ini, Zulhas meminta kesiapan Fraksi PAN DPR RI untuk mengawal aspirasi PAN ini.

Menanggapi perintah Ketua Umum PAN tersebut, Saleh Daulay menyatakan kesiapannya. “Sesuai arahan ketua umum, Fraksi PAN akan terus mengawal persoalan PPKM Darurat ini. Kita harus sukses melewati pandemi ini. Terpenting, masyarakat harus diperhatikan,” katanya.