Pidato politik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono turut ditanggapi Juru Bicara Muda Partai Amanat Nasional, Aliah Lestari Sayuti.

Menurut Aliah, parpol memang wajib melakukan kebijakan afirmatif bagi anak muda agar bisa berkarya dan mengabdikan diri melalui jalur politik.

“Sebagai partai modern, PAN meyakini bahwa dengan memberikan kebijakan afirmatif terhadap peran dan eksistensi anak muda dalam dunia politik akan dapat membawa energi baru bagi sistem kepartaian dan dapat membawa nilai-nilai pembaruan yang lebih rasional, humanis, dan demokratis. Itulah mengapa di PAN banyak anak muda yang aktif,” jelas Aliah, Rabu (25/8).

Secara tegas Aliah pun menyebut PAN telah melakukan kebijakan afirmatif itu sejak lama.

“PAN telah memberikan bukti nyata untuk concern pada kaum muda. Banyak anggota DPR RI maupun DPRD PAN berasal dari kaum muda. Pengurus DPP pun rata-rata anak muda. Belum lagi kami sebagai Jubir Muda, semua anak muda yang benar-benar diberikan peluang dan kesempatan untuk berkarya dan berkarir di politik. Kami kaum muda benar-benar didengar suaranya sebagai representasi kaum mudan dan diberikan kepercayaan untuk beraktivitas di partai,” lanjut Aliah.

Aliah menggarisbawahi bahwa kebijakan afirmatif PAN terhadap anak muda itu didasarkan pada kompetensi dan prestasi.

“Kebijakan afirmatif bagi anak muda ini bukan soal karpet merah ataupun biru. Dasarnya tetap harus kompetensi, prestasi, dan profesionalitas. Bukan berdasarkan pada previlege berdasarkan garis keturunan atau status sosial,” tegas Aliah.