Pernyataan Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Lena Maryana Mukti yang menyoroti minimnya jumlah anggota DPR RI berusia muda ditanggapi politisi muda PAN Faiz Arsyad.

Faiz menyebut kritik Lena tentang perlunya afirmatif action bagi anak muda dalam politik patut diapresiasi.

“PAN sudah menerapkan aksi afirmasi. Untuk anggota Fraksi PAN DPR RI dari kaum muda sekitar 13%. Belum lagi kaum muda di daerah yang di DPRD maupun pimpinan pemerintahan daerah”, kata Faiz, Senin (30/08/2021).

Lebih lanjut Faiz mengatakan, “PAN sendiri sejak awal konsisten memberikan ruang bagi keterlibatan anak muda dalam politik baik itu dalam suksesi politik di pileg dan pilkada, maupun di struktur kepemimpinan partai.”

Faiz bahkan mengusulkan agar kebijakan afirmasi untuk mengatur kuota anak muda di masukkan di UU tentang Partai Politik dan UU tentang Pemilu.

“Kebijakan afirmatif action itu diharapkan bisa melahirkan berbagai kebijakan yang pro anak muda. Ditambah Indonesia sudah mendekati bonus demografi sehingga partisipasi dan representasi anak muda menjadi sebuah keharusan sejarah,” pungkasnya

Sebelumnya, Politisi (PPP), Lena Maryana Mukti, menyoroti minimnya jumlah anggota DPR berusia muda yang duduk di Senayan. Ia menyebut, anggota DPR berusia muda tak sampai 5%.

Anak muda di Fraksi PPP DPR RI sendiri diketahui hanya ada satu dari 19 orang yakni Iip Miftahul Choiri yang saat ini berusia 32 tahun. Atau jika di persentasekan hanya 5.2%.