Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan serangkaian kegiatan bakti sosial di Dusun Kakor, Desa Golo Keli, Kecamatan Ndoso.

Bakti Sosial tersebut dalam rangka menyambut HUT RI ke-76.

Sebelumnya, pada Kamis (12/8/2021), DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat Bersama pengurus dan tokoh adat menggelar acara ritual adat “Podo Nemba” (usir virus_red) serta mendoakan agar Bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Manggarai Barat bebas dari wabah Covid 19.

Dan kali ini, Sabtu (14/8/2021), DPD PAN bersama masyarakat dusun Kakor, Desa Golo Keli, Kecamatan Ndoso mengadakan kegiatan perbaikan jalan yang sudah bertahun-tahun rusak parah.

Selain Wakil Ketua DPRD Mabar, Marsel Jeramun turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Anggota DPRD Mabar dari PAN, Inocentius Peni, A.Md dan Antonius Aron ST.

Hadir juga Kepala Desa Golo Keli dan Bhabinkantikmas Kecamatan Ndoso serta beberapa tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PAN Mabar, Marselinus Jeramun, SE mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut merupakan hadiah PAN untuk masyarakat kampung Kakor atas HUT Kemerdekaan RI ke 76.

“Memang terkesan paradoks. Sudah 76 Tahun Indonesia merdeka, sebagian besar wilayah Ndoso dan beberapa wilayah lain di Manggarai Barat belum bisa menikmati akses jalan yang layak untuk dilalui termasuk wilayah dusun Kakor ini. Karena itu, kegiatan perbaikan jalan hari ini merupakan kado atau hadiah dari DPD PAN Mabar untuk masyarakat di wilayah ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat ini disambut tepuk tangan warga.

Lebih lanjut Jeramun meminta pemerintah Manggarai Barat untuk serius memperhatikan pembangunan yang berkeadilan di semua wilayah Mabar.

Apalagi, kondisi infrastruktur di wilayah Kuwus, Ndoso dan Macang Pacar sungguh sangat memprihatinkan.

“Jalan yang menghubungkan desa dengan desa, atau desa dengan kecamatan hingga saat ini masih banyak yang dalam kondisi rusak berat, termasuk ruas jalan wilayah Utara Ndoso, Simpang Wae Buang-Kakor-Lumut-Kolong,” tegas Ketua DPD PAN Mabar ini.

Pada kegiatan bakti sosial tersebut, DPD PAN Mabar menyumbang 50 sak semen.

Sementara masyarakat Kakor menyediakan pasir dan batu.

Adapun ruas jalan yang diperbaiki ini sepanjang kurang lebih 200 meter dan dikerjakan secara gotong royong oleh seluruh warga masyarakat Kakor, Kecamatan Ndoso.

“Kami berterimakasih kepada Fraksi PAN DPRD Mabar yang peduli dengan kondisi kami di Kakor. Sudah bertahun-tahun lamanya kami belum pernah menikmati jalan yang baik. Mudah-mudahan, fraksi-fraksi lain juga tergerak hatinya untuk berbuat baik bagi masyarakat,” kata Lian Kurniawan mewakili kelompok muda Dusun Kakor.

Dalam sambutannnya, Ketua Fraksi Amanat Indonesia Raya (AIR) DPRD Mabar, Inocentius Peni mengatakan keprihatinannya atas kondisi infrastruktur jalan yang ada di kecamatan Ndoso.

“Saya turut prihatin dengan kondisi ini dan berharap ada perhatian khusus dari Bupati Edy,” ujarIno diamini oleh rekannya Antonius Aron, ST.

Sementara itu, Kepala Desa Golo Keli, Wihelmus N. menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada DPD PAN Mabar yang sudah berinisiasi melakukan bakti sosial perbaikan ruas jalan Simpang Wae Buang-Kakor ini.

“Atas nama masyarakat Kakor, saya sampaikan terimakasih kepada DPD PAN Mabar. Sudah lama jalan ini rusak dan tidak ada yang perhatikan. Banyak juga yang memberi harapan, tapi semua tinggal janji. Namun DPD PAN Mabar, tidak janji tapi langsung buat,”ujar Wihelmus.

Saat ini, Pemda Mabar sedang mengerjakan ruas jalan utama Simpang Dahang-Momol-Tentang-Sirimese dengan anggaran Rp 5,9 milliar.

Hasil pantauan di lapangan, pengerjaan jalan ini terkesan tanpa pengawasan dan asal-asalan.

Salah satu indikatornya, setelah satu bulan masa kontrak kerja progres pengerjaan jalan ini baru mencapai 4,8 persen.

“Miris melihat kondisi infrastruktur yang ada Kecamatan Ndoso ini,” tutupnya.