Geografis Kota Depok yang dikelilingi banyak Situ dan juga dilalui Sungai Ciliwung dan Pesangrahan, harusnya dapat dimanfaatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sebagai lokasi wisata lokal.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Muhammad Hasbullah Rahmad kepada wartawan seusai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Kota Depok di Balai Rakyat Depok II, Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (9/3/2022).

Beragam lokasi pun dikatakan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini dimiliki Kota Depok seperti hutan kota yang ada di wilayah Kecamatan Pancoran Mas, kawasan Universitas Indonesia, dan juga Studio Alam TVRI.

“Kalau itu dijadikan modal untuk destinasi wisata, itu menarik, paling tidak jadi destinasi wisata lokal misal di pinggir situ, sungai, dan juga di hutan kota,” tuturnya kepada wartawan di lokasi acara, Rabu (9/3/2022).

Selain menata dan memelihara lokasi-lokasi wisata alam itu, pria kelahiran 15 Juni 1971 ini mengatakan Pemkot Depok juga harus bisa memerbaiki jalan-jalan menuju lokasi tersebut.

Sehingga diharapkan nantinya masyarakat tak perlu jauh-jauh jika ingin berekreasi maupun berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

“Harapan saya, semakin banyak ruang terbuka publik maka semakin banyak interaksi sosial, misal kayak sekarang ini alun-alun sudah ada satu dan akan dibangun satu lagi,” tandas anggota dewan daerah pemilihan (Dapil) Depok-Bekasi ini.

Selain untuk berinteraksi sosial, ruang terbuka hijau maupun lokasi wisata lokal dikatakan Hasbullah bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk melepas penat.

“Jadi warga yang mau rekreasi enggak perlu jauh-jauh, ongkosnya juga enggak mahal kan. Warga kan juga butuh hiburan dengan menikmati suasana alam dan lain sebagainya,” ujarnya.