Ada yang menarik dari gelaran Musran Serentak yang digelar PAN Jatim, Jumat (10/12), di Mojokerto. Kali ini, kegiatan partai berlambang matahari putih itu diselenggarakan di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama (NU). Hal ini menyusul pertemuan dan silaturahmi kebangsaan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim.

“Mungkin ini satu-satunya Musran PAN di Indonesia yang langsung dihadiri Ketum Zulhas. Lebih istimewa lagi, Musran ini digelar di Pondok NU, Pondok Alimatul Ummah asuhan Kiai Asep Saifuddin Halim.” Ujar Moh. Santoso, Ketua DPD PAN Mojokerto yang merupakan penyelenggara acara. Santoso menyebut bahwa ini hal ini sesuai dengan amanat DPP serta DPW PAN agar partai ini bisa menjangkau masyarakat luas.

Dalam sambutannya Zulhas menyampaikan rasa bahagia dan bangganya bisa bersilaturahmi dengan Kiai Asep. “Alhamdulillah saya sudah dua kali ke pondok Amanatul Ummah ini. Saya selalu ingat, karena namanya Amanat.” Canda Zulhas. Disambut tawa hadirin. “Terima kasih juga untuk Pak Kiai sudah menerima kami. Musran PAN bisa diselenggarakan di pondok ini. Tadi juga saya berdiskusi dengan Kiai Asep, kami banyak berbagi pikiran-pikiran kebangsaan. Umat dan bangsa ini harus lebih baik dan lebih maju.” Sambungnya.

Dalam safari kebangsaannya kali ini, Zulhas akan berada di Jawa Timur hingga Minggu (12/12). Ia diagendakan akan menjalani sejumlah silaturahmi kebangsaan, di antaranya menemui Ketua PWNU KH. Marzuqi Mustamar. “Ini silaturahmi kebangsaan. Saya ingin memperkenalkan PAN. Pikiran kebangsaan PAN. Kami ini pertai terbuka. Jika memperjuangkan Islam, itu Islam yang wastahiyah, moderat. Islam yang ahlus sunnah wal jamaah atau aswaja.” Kata Zulhas.

Sementara itu, Kiai Asep dalam tausiyahnya menyatakan kebahagiaannya kedatangan Ketum PAN dan rombongan. Menurutnya, digelarnya Musran PAN di pondoknya sebagai bentuk keterbukaan. “Ini agenda bangsa, pondok kami terbuka untuk kegiatan-kegiatan yang memikirkan agenda kebangsaan. Saya siap membantu dan memfasilitasi, termasuk kegiatan-kegiatan PAN, bahkan kalau perlu kami biayai. Di sini banyak aula, ruangan dan lainnya.” Katanya.

Ikut hadir bersama rombongan Zulhas dalam safari kebangsaan di Jawa Timur ini di antaranya Bendum PAN Totok Daryanto, Ketua DPW PAN Jatim Rizki Sadig, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarra, dan sejumlah anggota DPR RI Fraksi PAN di antaranya Desy Ratnasari, Slamet Aryadi dan Abdul Hakim Bafagih.