DPD PUAN Kota Batu bergerak cepat untuk membantu korban banjir bandang yang menerjang beberapa desa di wilayah Kota Batu. Aktivis-aktivis PUAN Batu turun langsung untuk menyalurkan bahan makanan, obat-obatan, pakaian, perlengkapan bayi, hingga pelayanan kesehatan.

“Tadi kami datang ke Dusun Sambong menyalurkan bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan, pampers, selimut, pakaian, baju bayi, alat makan bayi,” kata Ketua DPD PUAN Kota Batu, Yeni Ardila, seusai penyerahan bantuan, Jumat (5/11/2021).

Dusun Sambong yang masuk wilayah Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, merupakan titik paling parah diterjang banjir. Parahnya lagi, ungkap Dila, banyak warga yang menderita luka belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang semestinya dari pihak berwenang.

“Kami, PUAN dan kader-kader PAN Kota Batu, juga tergerak memberikan pelayanan kesehatan, berupa penanganan korban luka akibat banjir, sekaligus melihat langsung kondisi kerusakan,” lanjut perempuan yang akrab dipanggil Mbak Dila tersebut.

Dila menjelaskan, untuk pelayanan kesehatan, PUAN dan PAN Kota Batu bekerjasama dengan Yonkes Divisi 2 Kostrad. Sementara untuk obat-obatan didapat dari Batu Rumah Kita, yayasan yang dikelola oleh PAN Batu.

Selain itu, PAN dan PUAN Kota Batu juga mendapat donasi dari Komunitas Yuka dan Bravo Songgoriti. Sumbangan tersebut kemudian untuk membeli sembako, pembalut dewasa, pampers, dan selimut, baik selimut dewasa, anak-anak, maupun bayi.

Pembina PUAN Kota Batu, Nur Aulia Lishanti, menjelaskan bahwa komunitas pedagang pakaian Pasar Karangploso ikut memberikan bantuan. Berupa pakaian baru untuk laki-laki dan wanita dewasa serta pakaian anak-anak laki-laki dan wanita.

Menurut perempuan yang juga menjabat anggota Fraksi PAN DPRD Kota Batu tersebut, musibah banjir bandang yang melanda Batu telah mengundang kepedulian berbagai pihak. Selain dari komunitas-komunitas, juga datang dari tokoh masyarakat.

 

 

 

“Bu Camat Bumiaji juga menyumbangkan berbagai perlengkapan bayi, seperti baju, selimut, pampers, dan alat makan,” kata Aulia.

PUAN Kota Batu sampai saat ini terus menggalang donasi untuk disalurkan ke para korban banjir bandang. Penggalangan di antaranya dilakukan melalui seluruh jaringan PUAN yang ada di Jawa Timur. Donasi bisa disalurkan melalui Rekening BRI 312301031825531.

“Segera. Begitu donasi terkumpul akan langsung disalurkan. Rencana PUAN akan terjun lagi ke lapangan besok (hari ini, red) karena baju untuk laki-laki masih minim. Ini kami terus berkoordinasi,” jelas Dila.  HK