Pemerintah belum menetapkan hari cuti bersama tahun 2022 dengan alasan masih memantau perkembangan COVID-19. Pemerintah diminta untuk menetapkan cuti bersama pada h-2 minggu.

“Untuk menentukan berapa lama cuti bersama dan kapan cuti mulai, mungkin nanti, paling lama 2 minggu sebelum masa tanggal cuti,” ujar anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Pertaonan Daulay, dilansir dari Detikcom, Rabu (22/9/2021).

Menurut Saleh, jika cuti bersama ditetapkan sekarang, maka akan dilematis. Terdapat poin plus dan minus dari penetapan cuti bersama.

“Kalau ditetapkan sekarang, nanti masyarakat pasti akan berbondong-bondong untuk merencanakan liburannya. Karena sudah merencanakan jauh-jauh hari, nanti bisa jadi, mungkin, akan terjadi pengumpulan massa, terkonsentrasi di tempat-tempat wisata,” kata Saleh.

Sementara sisi positifnya, yakni warga bisa jauh-jauh hari mengatur program serta kegiatan pada masa liburan tahun 2022. Meski begitu, Saleh mendukung penuh kebijakan pemerintah belum menetapkan cuti bersama.

“Penundaan ketetapan cuti bersama saya kira adalah kebijakan yang perlu didukung oleh semua pihak, dan mudah-mudahan nanti, pada saatnya ketika ditentukan cuti bersama, pemerintah bisa melihat bagaimana kondisi penyebaran virus,” terang Saleh.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menetapkan libur nasional 2022. Sedangkan cuti bersama 2022 bakal ditentukan kemudian.