Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN, Intan Fauzi menyoroti permasalahan para pelaku sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang kerap sulit mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena dianggap tidak feasible (layak) dan tidak bankable (tidak memenuhi syarat perbankan untuk mendapatkan pinjaman). Padahal, tandas Intan, pelaku UMKM ini menjadi tulang punggung roda perekonomian di Indonesia.

“Dalam hal ini, menurut saya ada satu solusi yang bisa dilakukan. Dengan hadirnya PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) bisa memberikan jaminan kredit. Pada dasarnya yang selama ini menjadi masalah yakni terkait agunan,” kata Intan, dilansir dari Tribunnews.com, Minggu (21/11/2021).

Hal tersebut diungkapkan Intan usai mengikuti pertemuan Tim Kunspek Komisi VI DPR RI dengan Asisten Deputi Jasa Asuransi Dana Pensiun, Direktur Utama PT Jamkrindo, Direktur Keuangan Investasi dan MR PT Jamkrindo, dan Sekretaris Daerah Lombok Barat, di Lombok Barat, Nusa Teggara Barat, Jumat (19/11/2021).

Le‌bih lanjut, Intan menjelaskan, selain itu ada cara lain yang bisa dilakukan pelaku UMKM untuk pengajuan KUR, dimana Jamkrindo memiliki marketplace guarantee yang bisa diakses melalui www.umkmlayak.co.id yang merupakan platform digital yang dibuat sebagai layanan akses modal usaha UMKM dan kebutuhan mengikuti berbagai pelatihan.

“Saya mendorong kepada Jamkrindo agar menjadi catatan, agar tidak hanya memberikan pemahaman terkait modal saja untuk para pelaku UMKM. Namun bisa juga berupa pelatihan-pelatihan untuk menjadi pengusaha yang lebih baik lagi. Dan menjadi catatan buat BUMN-BUMN lain agar bisa tanggung jawab dalam segi sosial dan lingkungan, sehingga diharapkan UMKM akan bisa berkembang lebih maju lagi,” harap Intan.