Bantuan modal sebesar 100 juta rupiah baru saja diterima Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Appakabaji Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Modal usaha inovasi desa ini diberikan oleh Anggota DPR RI Fraksi PAN, Andi Yuliani Paris, secara daring pada Sabtu (9/10/2021).

“Kami hanya mencoba memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Bukan kami tidak mampu membayar atau membagi-bagikan uang 50 ribu rupiah untuk memperoleh suara di pileg,” ungkap Andi, dilansir Makassar.tribunnews.com, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, hal itu hanya akan merusak mental masyarakat dan tatanan demokrasi yang kita bangun.

Baginya, lebih baik mengajari masyarakat dengan memperjuangkan hak-hak mereka, membantu apa yang dibutuhkan untuk kehidupan dan kesejahteraan mereka.

“Itulah sebabnya setiap masa reses saya selalu berusaha ketemu dengan teman-teman di Dapil 2 Sulsel sebagai daerah pemilihan saya,” tuturnya.

Jika tidak bisa membawa program dan bantuan aspirasi, setidaknya ia bisa bersilaturahmi sambil mendengar aspirasi masyarakat untuk ia suarakan sebagai bentuk terima kasih.

“Mungkin itu juga sebabnya masyarakat Maros dan Sulsel 2 pada umumnya masih setia memilih saya hingga periode ketiga sekarang,” katanya.

Bantuan aspirasi desa berinovasi juga salah satu bentuk terima kasihnya yang disepakati bersama rekan-rekan komisi VII DPR RI.

Pada tahap pertama, bantuan diberikan kepada 2 BUMDes khususnya di Kabupaten Maros yang memiliki inovasi dan perlu diapresiasi.

Keduanya adalah BUMDes Sudirman dan BUMDes Appakabaji Desa Salenrang.

Bantuan yang rencananya akan dipakai untuk membangun Depot Air Minum Isi Ulang ini harapannya dapat dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Desa Salenrang dan sekitarnya.

Andi pun mengungkapkan, sebenarnya banyak proposal yang masuk, namun pada tahap ini baru 2 BUMDes yang bisa direalisasikan.

“Bagi teman-teman yang lain kami harap bersabar dulu, kami tetap memperhatikan dan terus mencarikan program-program yang sesuai dengan proposal teman-teman,” jelasnya.

Dalam acara ini, Andi juga mempersilakan pengurus BUMDes dan hadirin untuk menyampaikan hal-hal yang perlu mendapat perhatian.

Turut hadir pada acara ini Kepala Desa Salenrang bersama jajarannya, Ketua dan anggota BPD, Plt. Direktur dan Bendahara BUMDes, Manajer dan anggota Unit Usaha BUMDes Appakabaji, serta Kepala Dusun.

Hadir pula beberapa unsur terkait, seperti Regional Oversight Management Services (ROMS) provinsi dan kabupaten – DC, serta tim fasilitator teknis dan pemberdayaan masyarakat desa.