Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Sarifuddin Sudding meminta Polri untuk meningkatkan pengawasan kejahatan siber. Sebab, potensi kejahatan di ranah digital semakin meningkat.

“Saya kira ke depan kejahatan masa depan kita adalah di siber,” kata Sudding, dalam rapat kerja bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dilansir dari Medcom.id, Rabu (16/6/2021).

Saran tersebut disampaikan tak lepas dari perkembangan teknologi yang cukup pesat. Hal itu seringkali dimanfaatkan sejumlah oknum melancarkan modus kejahatan.

“Tentunya ini saya berharap mendapat dukungan terkait kejahatan siber ini,” kata dia.

Selain itu, Sudding meminta Polri meningkatkan pengawasan terhadap aksi premanisme. Menurut dia, keberadaan mereka berpotensi meningkatkan kejahatan jalanan.

“Saya kira ini sangat menggangu (preman dan kejahatan jalanan),” kata dia.

Dia menilai kejahatan jalanan harus diantisipasi di tengah kondisi pandemi covid-19. Apalagi, potensi terjadinya kejahatan di jalanan semakin meningkat.

“Saya kira ini harus mendapatkan perhatian. Nah kira-kira langkah dan strategi apa yang dilakukan untuk menekan tentang premanisme dan kejahatan jalanan,” ujar dia.