Anggota Komisi V DPR RI, Bakri mengkritik pernyataan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono yang mempersilakan masyarakat melakukan mudik sebelum 6 hingga 17 Mei 2021.

Menurutnya, Istiono seharusnya tidak menggunakan bahasa yang mempersilakan masyarakat untuk mudik dan tetap melarang masyarakat mudik di lebaran 2021 ini.

“Saya pikir, sebaiknya tidak mempersilakan bahasanya. Alangkah baiknya kalau pemerintah melalui (Kakorlantas) di musim pandemi ini (imbau) ‘jangan mudik’,” kata Bakri, dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (15/4/2021).

Dia menyatakan, pernyataan yang disampaikan pemerintah soal mudik harus tegas. Bakri mengingatkan situasi pandemi Covid-19 saat ini masih mengkhawatirkan untuk mempersilakan masyarakat melakukan mudik.

“Padahal yang kita takutkan pada saat mereka datang ke daerah membawa virus atau apa. Imbauan tidak mudik. Bagusnya pemerintah imbau tidak mudik [atau] jangan mudik titik sudah,” ucap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Sebelumnya, Istiono mempersilakan masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran 2021 sebelum tanggal 6-17 Mei 2021.