Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur saat ini masih diliputi rasa duka mendalam. Sebab, dalam waktu belakangan ini, banyak kader maupun tokohnya yang telah berpulang.

Seperti politisi PAN yang juga Ketua Fraksi PAN PPP DPRD Surabaya, Hamka Mudjiadi Salam, wafat beberapa hari lalu. Sehari sebelum berpulang, anggota Fraksi PAN DPRD Kota Kediri, Panggihono, wafat.

Selain dua politisi tersebut, pada Juli kemarin, PAN Jawa Timur telah lebih dulu ditinggalkan Hafid Sua’idi Ketua MPP DPD PAN Surabaya yang juga berpulang. Lalu, Ketua Harian DPD PAN Kabupaten Sampang, Moh Yanto juga wafat.

Di tahun ini pula, keluarga besar PAN Jawa Timur telah kehilangan Ketua DPD PAN Kabupaten Magetan, Sutikno serta Ketua MPP DPD PAN Kota Madiun, Muhammad Yamin.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur, Husnul Aqib mengatakan, pihaknya sangat kehilangan serta berduka atas berpulangnya para petinggi di partainya tersebut.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kami keluarga besar PAN Jawa Timur tentu sangat prihatin, berduka mendalam. Mereka adalah kader-kader terbaik yang ikut berjuang membesarkan partai sejak awal,” kata Aqib, dilansir dari Jatim.tribunnews.com, Senin (2/8/2021).

Sekalipun demikian, Aqib meminta agar duka tersebut tidak membuat elemen di partainya larut dalam kesedihan.

Melainkan, menjadi lecutan semangat untuk bersama melawan pandemi Covid-19 (virus Corona). Apalagi, sebagian kader yang berpulang itu sempat melawan virus Corona.

“Berdiam diri tentu bukan pilihan bijak. Akan lebih bermanfaat bila kami melawan pandemi Covid-19 ini dengan melakukan kegiatan yang berguna untuk masyarakat,” ujarnya.

“Mari kita doakan agar saudara-saudara yang telah mendahului kita semua husnul khotimah, ditempatkan di surga Allah, amin. Dan ingat selalu jaga prokes (protokol kesehatan),” ungkapnya.

Aqib juga mengajak seluruh keluarga besar PAN Jawa Timur untuk bersama-sama meringankan beban masyarakat, terutama yang terpukul lantaran pandemi.

“Sekecil apapun yang bisa diberikan atau dilakukan, itu tentu akan berguna bagi masyarakat. Lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk meringankan beban masyarakat. Semoga pandemi ini segera berlalu,” ucapnya.