Lelang tender penggantian gorden di rumah dinas (rumdin) jabatan anggota DPR RI tuntas dengan dimenangkan peserta lelang yang menawarkan harga tertinggi, yakni Rp 43,5 miliar. PAN meminta seluruh kadernya tidak menggunakan gorden tersebut.

“Sebagaimana kita sampaikan, bahwa kami fraksi PAN menolak adanya pergantian dari gorden itu. Untuk teman-teman fraksi PAN bisa kami kondisikan, kami instruksikan, kami perintahkan agar tidak mengganti gorden di rumah dinasnya,” ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dimintai konfirmasi, Sabtu (7/5/2022).

Eddy menjelaskan pihaknya memang tidak bisa meminta Sekjen DPR untuk menghentikan proyek penggantian gorden itu. Namun, PAN tetap mengimbau kepada Kesekjenan DPR agar menghentikannya.

“Tetapi yang tidak bisa kami lakukan adalah meminta proses yang dilaksanakan oleh Kesekjenan DPR untuk dihentikan, kami hanya bisa imbau. Tetapi karena itu sudah dilaksanakan, imbauan itu tentu sesuatu yang bisa didengar, bisa diikuti, bisa juga tidak,” tuturnya.

Eddy menegaskan PAN sedang prihatin dengan kondisi di Indonesia saat ini. Dia meminta agar anggaran untuk gorden itu dialokasikan ke hal lain yang lebih bermanfaat.

“Tetapi dalam rangka menunjukkan keprihatinan kami terhadap kondisi sekarang, kemudian juga menunjukkan bahwa sesungguhnya dana tersebut lebih baik dialokasikan untuk hal yang lebih urgent lagi, yang lebih menyentuh langsung masyarakat, kami instruksikan agar fraksi PAN dalam hal ini menolak untuk diganti gorden dengan gorden baru di rumah dinas masing-masing,” imbuh Eddy.

Diketahui, lelang tender penggantian gorden di rumah dinas jabatan anggota DPR RI tuntas. Tender dimenangi peserta lelang yang menawarkan harga Rp 43,5 miliar.