Partai Amanat Nasional (PAN) DIY berkeinginan mengulang sukses seperti saat Pemilu 2004. Kala itu, PAN DIY mendapatkan 11 kursi di DPRD DIY. Sementara pada Pemilu 2019, PAN memeroleh 7 kursi di DPRD DIY.

Ketua DPW PAN DIY Suharwanta mengatakan, target PAN di 2024 adalah mendapatkan 11 kursi di DPRD DIY.

“Kami ingin DPW PAN DIY reborn untuk bisa kembali seperti 2004 silam bahwa PAN pernah punya prestasi baik dan ini tidak mustahil untuk dibangun,” ujar Suharwanta di Muscab dan Musran PAN, dilansir dari Merdeka.com, Minggu (11/4/2021).

Optimisme Suharwanta agar PAN kembali meraih kejayaan dilihat dari kesolidan kader. Menurutnya, bukti kekompakan DPD DPW saat ini terbentuk kepengurusan melakukan Muscab/Musran yang diikuti perwakilan dari 78 kecamatan dan 438 desa dalam waktu singkat.

“Ini bukti mesin politik PAN baik-baik saja,” imbuh Wakil Ketua DPRD DIY ini.

Demi meraih target ini, Suharwanta meminta semua kader PAN baik di level ranting hingga DPW serta yang duduk di legislatif untuk bisa terjun ke masyarakat dan memberikan solusi setiap permasalahan.

Tujuannya agar fungsi politik bisa berjalan baik untuk memperjuangkan harapan masyarakat kepada pemerintah baik di daerah maupun pusat

“Saat ini pengurus sampai ranting sudah terbentuk dalam waktu tidak sampai sebulan, artinya kamu dalam keadaan solid, semuanya solid sampai tingkat bawah dan bersiap untuk kembali seperti masa 2004,” tegas Suharwanta.

Menurut Suharwanta, dengan memperbanyak turun ke bawah dan memerjuangkan aspirasi masyarakay maka mimpi untuk mengembalikan kejayaan PAN bisa diraih.

Dia tak peduli dengan kemunculan partai lain yang disebut membuat kader-kader PAN berpindah haluan. Dia memastikan jika PAN DIY solid dan tidak terpengaruh isu kader berpindah haluan.

“Perkara ada pihak lain yang mengklaim itu (kader PAN pindah haluan), silakan saja. Tetapi kami tidak terpengaruh dengan isu itu yang penting kami terjun untuk membantu masyarakat,” ucap Suharwanta.