Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, menyoroti keramaian di Pasar Tanah Abang, setelah sempat viral di media sosial lantaran masyarakat yang berbelanja terjadi lonjakan yang signifikan.

Politikus PAN ini menyebutkan, keramaian tidak hanya terjadi di Pasar Tanah Abang, namun juga pusat perbelanjaan di sekitar Tanah Abang juga mengalami kerumunan.

“Kafe-kafe di mal tersebut saja sudah jelas mengabaikan prokes yaitu social distancing,” kata Zita Anjani, dilansir dari Pikiran-rakyat.com, Senin (3/5/2021).

“Setiap sudut meja kursi ramai tanpa jaga jarak. Jadi jangan hanya Tanah Abang yang disorot, lihat juga itu tempat-tempat umum kalangan atas,” kata dia.

Menurut Zita, dirinya juga menyaksikan langsung bahwa memang ada Satpol PP yang bertugas, namun jumlah mereka tidak sebanding dengan keramaian yang terjadi.

“Saya lihat sendiri, ada Satpol PP memang, tapi jumlahnya sedikit,” ujarnya.

Oleh karena itu, Zita Anjani berharap Pemprov Jakarta mesti lebih ekstra untuk mengerahkan TNI dan Polri, menambah personel untuk pengawasan, bukan melarang.

“Apalagi ini momentum lebaran. Boleh buka, boleh belanja, tapi tetap protokol kesehatan. Jadi ekonomi terus jalan, kesehatan tetap terjaga,” tutur dia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebelumnya mengatakan terjadi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang pada Minggu, 2 Mei 2021.

Menurut Anies, jika dibandingkan dengan Sabtu 1 Mei 2021 kemarin yang hanya 87.000 orang, hari ini mencapai 100.000 pengunjung dan kemungkinan besar terus bertambah.