Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PAN, Zita Anjani, menanggapi kejadian soal rapat paripurna (rapur) interpelasi Formula E yang diselenggarakan DPRD DKI, Selasa (28/9/2021).

Dalam video pernyataannya, Zita memberikan klarifikasi terkait 7 fraksi yang tidak hadir dalam rapur hari ini. Dirinya menganggap kegiatan rapur tersebut juga telah membuat gaduh masyarakat.

“Saya klarifikasi dulu bahwa ini kita semua tujuh fraksi bukannya mangkir, tidak. Kita memutuskan untuk tidak hadir di kegiatan yang kita anggap secara prosedural itu cacat prosedural,” kata Zita, dilansir dari Kumparan.com, Rabu (29/9/2021).

“Ini kan gaduh ya, di media gaduh publik juga melihatnya gaduh, jadi tidak elok sedangkan DPR itu kan adalah wakil rakyat,” tambahnya.

Menurut Zita, masih banyak isu-isu penting yang lebih penting dibandingkan gaduh soal interpelasi Formula E. Zita mencontohkan seperti masalah vaksin corona, yang masih ada sekitar 2 juta warga DKI yang belum divaksin. Kemudian terkait Jakarta yang sudah memasuki musim hujan dan berisiko banjir.

“Masih banyak sebenarnya isu isu dan juga dibutuhkan kehadiran dewan itu di tengah masyarakat. Dibandingkan kita terlalu apa ya, banyak menampilkan dinamika lalu perdebatan di dalam dewan yang saya rasa kurang elok dan kurang pas di tengah kondisi warga DKI yang sedang kesulitan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Zita menjelaskan akan membawa isu interpelasi tersebut ke Badan Kehormatan sesuai dengan tata tertib dewan DPRD DKI Jakarta.

“Ini sedang kita laporkan ke Badan Kehormatan (BK). Jadi memang di tatib dewan itu dilaporkan ke BK, di tatib bunyi nya seperti itu. Jadi nanti kita selesaikan saja di dalam,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap sebagai anggota dewan DPRD DKI untuk tidak membuat ribut dan gaduh warga Jakarta. Dirinya juga telah merasa malu sebagai anggota dewan atas kejadian tersebut.

“Saya rasa semoga ini jadi pelajaran untuk kita semua supaya bisa lebih bisa saling menghargai, khususnya di DPRD DKI kita kolektif, kolegial harus bisa menjaga marwah dan juga martabat dari DPRD,” pungkasnya.