Internal PAN digoyang rumor liar salah satu elite mereka, Asman Abnur, pindah ke Partai NasDem. PAN sudah mengonfirmasi langsung rumor liar ini ke Asman Abnur dan sang mantan menteri era Presiden Jokowi-Wapres Jusuf Kalla ini membantah.

Rumor Asman Abnur loncat ke NasDem diklarifikasi Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. Viva yang mendengar rumor tersebut menegaskan Asman Abnur sampai saat ini masih menjadi kader PAN.

“Soal rumor Asman Abnur, anggota Fraksi PAN DPR RI yang pindah ke Partai NasDem. Berita rumor itu tidak benar, alias hoax,” kata Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Viva Yoga menegaskan PAN maupun Asman Abnur dalam kondisi baik-baik saja. Mereka saat ini fokus menyiapkan partai agar bisa mengikuti Pemilu 2024.

“PAN, Bang Zulkifli Hasan, Pak Asman Abnur, dan seluruh kader senusantara baik-baik saja. Kita sedang sibuk dan fokus mempersiapkan verifikasi partai politik dan PAN siap menyongsong pemenangan Pemilu 2024,” kata Viva.

Viva mengaku telah menghubungi langsung Asman Abnur terkait isu loncat ke Partai NasDem. Asman Abnur disebut menyatakan kabar itu hoax.

“Kemarin saya langsung berkomunikasi dengan Pak Asman Abnur, menanyakan rumor itu. Kata Pak Asman, ‘berita itu hoax’,” ujar Viva.

Juru bicara PAN itu menyebut Asman Abnur masih mengemban posisi strategis di partai. Asman Abnur, katanya, punya tugas khusus dari Ketum PAN Zulkifli Hasan.

“Sampai sekarang Pak Asman masih sebagai Wakil Ketua Umum DPP PAN dan ada penugasan khusus dari Ketua Umum Bang Zul untuk membina PAN Kepulauan Riau (Kepri) agar dapat bertambah suara dan kursi PAN di Pemilu 2024,” katanya.