Dalam rangka HUT ke-23 PAN, sesuai instruksi DPP PAN, masing-masing daerah diminta melaksanakan vaksin kepada masyarakat. Hal itu juga yang dilakukan DPP PAN Kota Pekanbaru, Senin (20/9/2021) di Sekretariat DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pekanbaru, Riau.

Ratusan masyarakat Pekanbaru mendapatkan vaksin pertama yang diselenggarakan bersama Dinkes Kota Pekanbaru.

Wasekjen DPP PAN, Irvan Herman mengatakan, laju penularan Covid-19 secara nasional mulai melandai, tapi la terus mengingatkan agar masyarkat tak boleh lengah.

“Ikhtiar mengajak masyarakat yang belum vaksin agar segera vaksin harus terus digalakkan. Hari ini saya menghadiri kegiatan vaksinasi DPD PAN Pekanbaru. Ayo lindungi diri dan keluarga kita dengan ikut vaksin,” kata Irvan Herman, dilansir dari Goriau.com, Selasa (21/9/2021).

Menurut Irvan, seluruh kader PAN bukan hanya diingatkan agar menjalankan program Vaksinasi, tapi juga wajib menjalankan instruksi yang dikeluarkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dimana seluruh kader wajib patuh terhadap aturan protokol kesehatan, membantu program pemerintah dan rakyat, agar segera terbebas dari pandemi Covid 19.

“Salahsatunya ya dengan kegiatan vaksinasi, pembagian sembako dan kegiatan sosial lainnya,” tandasnya.

DPP PAN, menurut Irvan, akan bersikap tegas dan keras jika ada kader PAN yang tidak mematuhi prokes, menyimpang dari platform perjuangan partai dan tidak mentaati instruksi untuk menebar kebaikan dan membuat komentar yang tidak produktif.

“DPP PAN akan memanggil kader tersebut dan akan diberikan sanksi organisasi,” urainya.

Irvan juga mengatakan, kader PAN yang ada di lembaga eksekutif dan legislatif harus memberikan teladan dan menjaga nilai-nilai perjuangan PAN, sebagaimana yang ada di platform PAN.

Dia mengingatkan, kedudukan para kader di eksekutif dan legislatif adalah mengemban amanat rakyat. Dipilih langsung oleh rakyat. Karena itu, dalam sistem pemerintahan yang demokrasi, rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi.

Sedangkan tugas para eksekutif, yakni menjalankan fungsi pelayanan atas nama negara. Tugas para legislatif sebagai wakil rakyat adalah memaksimalkan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan serta memperjuangkan aspirasi rakyat.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru, Nofrizal mengatakan kegiatan vaksinasi ini sudah sesuai instruksi DPP PAN, masing-masing daerah diminta melaksanakan vaksin kepada masyarakat.

“Menindaklanjuti instruksi DPP itu, DPD PAN Pekanbaru melaksanakan vaksinasi,” kata Nofrizal.

Meskipun sudah banyak lembaga dan institusi yang sudah melaksanakan vaksin, tetapi masih banyak warga yang belum mendapatkan vaksin, sehingga untuk menekan penyebaran Covid-19, DPD PAN Pekanbaru menggelar pelaksanaan vaksin.

Kegiatan ini disambut baik DPP PAN. Wasekjen DPP PAN, Irvan Herman hadir untuk melihat langsung pelaksanaan vaksin I di Sekretariat DPD PAN Pekanbaru.

“Jumlah yang sudah terdata sebanyak enam ratus peserta,” pungkas Nofrizal.