Digitalisasi ekonomi menjadi salah satu fous perhatian Kementerian Perdagangan. Targetnya, Kemendag akan melakukan percepatan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan 1.000.000 pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, target ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo agar Kementerian Perdagangan melakukan digitalisasi pasar rakyat.

Hal tersebut disampaikan politisi yang karib disapa Zulhas itu, dalam acara “Implementasi Pemanfaatan Digitalisasi Dalam Sistem Pembayaran dan Distribusi”.

“Digitalisasi pasar bertujuan agar pasar-pasar rakyat memiliki lokapasar atau marketplace dan platform menuju era digital yang sekarang sudah masuk di Indonesia,” ujar Zulhas di Pasar Baru Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dilansir dari Rmol.id, Senin (25/7/2022).

“Digitalisasi pasar juga akan mempermudah pertemuan antara pedagang dan pembeli serta memperpendek mata rantai distribusi,” imbuhnya.

Diceritakan Zulhas, di Pasar Cicalengka, penerapan digitalisasi pasar periode November 2020-Januari 2021 mengalami pertumbuhan pesanan sebesar 672 persen, pertumbuhan penjualan sebesar 93 persen dan pertumbuhan produk terjual sebesar 590 persen.

Menurutnya, secara nasional dengan jumlah lebih dari 64 juta UMKM, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

“Namun, jangan sampai digitalisasi pasar ini berimbas pada tutupnya pasar konvensional. Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring dikembangkan,” terangnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), mengimbau dinas yang membidangi perdagangan di daerah untuk turut menyosialisasikan dan mendorong program digitalisasi pasar rakyat kepada para pengelola pasar dan pedagang pasar.

“Saya sangat berharap digitalisasi perdagangan yang dilakukan di pasar rakyat dan UMKM dapat menjadi salah satu upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif,” pungkasnya.