Perlu ada edukasi kepada generasi muda agar meningkatkan pemahaman literasi dan kreatifitas dalam menggunakan media digital. Hal ini, diperlukan agar generasi muda tidak hanya menjadi pengikut pada kreatifitas pengguna media digital lainnya.

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PAN Ahmad Rizki Sadig, dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Internet Aman dan Sehat untuk Anak di Era Digital”, Senin (21/6/2022).

“Karena itu perlu adanya peningkatan literasi digital sedari dini pada anak-anak agar mereka memahami dan memakai etika ketika berselancar di dunia digital,” ujar Rizki Sadig.

Ia juga mengatakan, menjadi kerugian tersendiri jika pengguna media digital khususnya generasi muda hanya sibuk menjari popularitas sesaat.

“Jangan kita sibuk mengejar followers atau hanya posting yang sekedar memuaskan diri sesaat, tetapi lupa mempelajari literasi-literasi ataupun sarana dan prasarana yang berhubungan dengan memperkaya pengetahuan dalam menggunakan digital,” terangnya.

Di samping pemerintah mengupayakan peningkatan literasi digital, Rizki Sadig juga menjelaskan, pemerintah sedang mengupayakan untuk disahkannya UU Perlindungan Data Pribadi untuk menjamin tidak ada data yang disalahgunakan.

“Jika UU Perlindungan Data Pribadi disahkan maka data pribadi, baik data kesehatan, data perbankan, data sekolah, dan lain sebagainya tidak boleh disebar tanpa izin pemilik data,” terangnya.

“Sehingga dalam penggunaan digitalisasi nantinya akan sehat dengan berkurangnya pencurian data,” pungkasnya.