Anggota DPR RI Fraksi PAN, H. Muhammad Syafrudin, menggelar pelatihan dan pembinaan budidaya rumput laut, di Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan petani dalam budi daya rumput laut. Sekaligus juga memberikan pendampingan dan pembinaan, agar rumput laut yang diproduksi berkualitas bagus,” ujar pria yang akrab disapa HMS ini, dilansir dari Wartamu.id, Senin (18/10/2021).

Pelatihan dan pendampingan budidaya rumput laut tersebut dilaksanakan di Balai BLK Desa Laju. Pelatihan tersebut menghadirkan pemateri dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima.

“Pelatihan sore ini materinya lengkap. Mulai pemilihan bibit, kemudian tata cara budidaya rumput laut, hingga tata cara panen yang baik. Ini karena kualitas rumput laut ditentukan mulai pemilihan bibit hingga teknis penanaman, dan masa panen,” imbuhnya.

Dia memaparkan, dari hasil survey, se-pulau Sumbawa bahkan se-Indonesia sangat cocok sebagai lokasi budidaya rumput laut. Sayangnya masyarakat masih menggunakan cara tradisional dalam budidaya rumput laut, sehingga hasil yang didapatkan belum maksimal.

“Karena itu, dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, kami berharap para petani rumput laut bisa memiliki kemampuan lebih baik dalam memproduksi rumput laut yang berkualitas bagus,” ucapnya.

Dia menambahkan melalui pelatihan dan pendampingan tersebut, para petani rumput laut dibina dan diajarkan bagaimana menanam rumput laut yang baik. Dengan demikian, nantinya hasil produksi budidaya rumput laut di Raas bisa memenuhi Standart Nasional Indonesia.

“HMS ingin memfasilitasi petani rumput laut agar bisa menumbuhkembangkan ekonomi mikro. Dengan demikian, para petani rumput laut bisa lebih sejahtera,” terangnya.