Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Slamet Ariyadi mengajak kaum milenial untuk menjaga populasi sapi Madura agar tidak punah. Salah satunya dengan cara berternak.

Legislator asal Sampang Madura tersebut mengatakan, populasi sapi Madura harus dipertahankan sebagai upaya menjaga ketahanan daging nasional. Apalagi Madura menjadi salah satu daerah penyumplai hingga 30 persen sapi potong di Jawa Timur.

“Saya berharap ada generasi peternak milenial mampu menghidupkan gairah bagaimana populasi sapi Madura ini dijaga. Jangan pernah gengsi,” katanya saat berkunjung ke Kelompok Tani di Desa Samatan Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dilansir dari Portalmadura.com, Kamis (1/3/2021).

Pihaknya akan mendorong pemerintah pusat membuat regulasi tentang ternak sapi, meliputi tata niaga sapi, timbang hidup dan lain-lain agar sama-sama menguntungkan. Baik terhadap peternak atau pedagang.

“Harus ada regulasi yang berpihak kepada peternak dalam rangka menjaga ketahanan populasi sapi Madura, kami siap mendorong itu,” ujarnya.

Slamet melanjutkan, segala sesuatu yang berkaitan dengan peternakan sapi juga harus dipikirkan supaya bisa menyejahterakan masyarakat. Tidak hanya soal regulasi, bahkan kotoran sapi juga harus bermanfaat dan bernilai ekonomis.

“Dalam rangka budidaya sapi ini, kita tidak hanya hulu saja, tapi hilirnya juga kita pikirkan. Misalnya limbah atau kotoran sapi bisa bernilai ekonomis,” tutup dia.