Indonesia bisa menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2045, kalau catatan pertumbuhan ekonomi nasional bisa terus konsisten di tren positif.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dalam webinar “Memperkuat Nasionalisme dan Kebangsaan Untuk Mewujudjan Peradaban Indonesia Emas 2045” yang digelar Cides ICMI, Jumat (27/8/2021).

Catatan terakhir, laju ekonomi yang meroket hingga 7,07 persen (yoy) di kuartal II 2021.

“Dengan melihat pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak positif, banyak riset memprediksi Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia, pada tahun 2045 di enam besar dunia,” ujar Zulhas, sapaan karibnya, dilansir dari Rmol.id, Jumat (27/8/2021).

Untuk itu, Wakil Ketua MPR RI ini menekankan, yang dibutuhkan saat ini adalah rencana strategis pemerintah dalam menjaga catatan positif terus berlanjut. Salah satunya, dengan meningkatkan kesejahteraan.

Namun, lanjut Zulhas, tanpa visi yang jelas untuk mewujudkan kesejahteraan umum dan keadilan sosial, maka yang terjadi justru permasalahan sosial.

“Ada 300 juta rakyat Indonesia yang nanti akan bertarung dengan masalah-masalah baru, seperti ketimpangan sosial, kemiskinan kota, social distrust, akses publik dan transportasi, krisis air bersih, lingkungan yang buruk, dan lainnya,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara webinar tersebut adalah Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.