Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, gagasan Islam tengah atau Islam moderat harus diperkuat kembali di Tanah Air.

Menurut Zulkifli, Islam moderat harus menjadi fondasi dalam tatanan kehidupan sosial serta menjadi jalan politik Indonesia di masa mendatang.

“Melihat situasi Indonesia saat ini, saya melihat spirit Islam tengah harus kita perkuat kembali,” kata Zulkifli dalam pidato kebudayaan yang disampaikan di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Sabtu (29/1/2022).

Zulkifli mengemukakan, Islam tengah tidak hanya membawa visi ketuhanan, tapi juga visi kemanusiaan. Ia mengatakan, Islam moderat merupakan sebuah konsep keislaman dan jalan kebangsaan yang perlu jadi panduan bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Mendorong gagasan Islam tengah sebagai jalan kebangsaan merupakan tanggung jawab kolektif kita bersama. Sudah saatnya kita bergerak ke tengah, tidak ekstrem kiri atau kanan,” ujarnya.

Zulkifli juga mengatakan, para aktor politik kebangsaan dari kalangan Islam harus berpegang teguh pada nilai-nilai Islam tengah. Wakil Ketua MPR itu menegaskan, godaan-godaan terhadap konsep khilafah harus dihindari.

“Khilafah kita adalah justru Pancasila itu,” ucapnya.