Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Marselinus Jeramun dinobatkan menjadi Ketua Ikatan Alumni Widya Mandala (IKAWIMA) periode 2022-2026.

IKAWIMA merupakan wadah pemersatu alumni salah satu kampus ternama di Kota Surabaya yakni Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Putra Manggarai Barat itu ditetapkan menjadi Ketua melalui forum Rapat Umum Anggota (RUA) yang berlangsung di Kampus Dinoyo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Sabtu (21/5/22).

Usai terpilih menjadi ketua, Marsel Jeramun berharap pihak kampus tak sungkan melibatkan para alumni dalam pelbagai upaya memajukan dan meningkatkan daya saing universitas.
Menurut dia, ada 4 (empat) alasan yang mendasari pentingnya Alumni bagi universitas.

Pertama, Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan universitas.

“Kedua, Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi nama baik dan citra universitas,” kata Marsel dalam pidato singkatnya.

Ketiga lanjut dia, Alumni sebagai produk Perguruan Tinggi dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan universitas dan mahasiswa dengan institusi di luar kampus

“Keempat, Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru suatu Perguruan Tinggi, di samping menjadi inspirasi bagi Mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi sekarang,” terang pria yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat itu.

Sementara itu, Rektor UKWMS, Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt. dalam pidatonya, mengapresiasi dan mendukung penuh setiap langkah para alumni UKWMS.

Keberadaan ikatan alumni kata dia, sangat berpengaruh pada keberlangsungan universitas ke depannya.

“Jika ingin universitas kuat, maka ikatan alumni juga harus kuat. Karena ikatan alumni merupakan salah satu penopang utama bagi universitas,” ujarnya.

Ia pun berharap, pengurus yang terpilih kali ini dapat bersinergi dengan universitas dalam upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kampus.

“Karena itu saya berharap dalam RUA kali ini, teman-teman bisa memilih pengurus yang bisa membantu universitas dalam upaya meningkatkan kualitas maupun pelayanan Unika Mandala Surabaya,” tutupnya.