Partai Amanat Nasional mengecam tindakan pemerkosaan yang diduga dilakukan oknum pejabat dan politisi terhadap 4 siswa SMA di Jayapura.

Jubir Muda PAN Febri Wahyuni Sabran meminta aparat menolak penyelesaian kasus secara damai dan mendesak pelaku dihukum seberat-beratnya.

“PAN berdiri bersama korban untuk membela hak-haknya. Jalan damai harus ditolak dan pelaku harus diusut tuntas. Penyelesaian kasus dengan damai tidak lantas menghilangkan luka dan trauma korban. Pelaku harus dihukum!,” kata wanita yang akrab disapa Uni Eby ini.

Finalis Putri Muslimah ini menegaskan Pejabat publik seharusnya memberikan contoh dan keteladanan dan bukan malah melakukan tindakan amoral dan menyimpang.

“Kami meminta Kepolisian agar transparan dalam mengusut kasus ini sampai tuntas. Keterlibatan politikus dan pejabat kementerian jangan sampai memanipulasi proses hukum yang berlaku. Saya mengajak masyarakat  turut mengawal kasus kekerasan seksual ini. Jelas, tapuk kekuasaan tak layak diisi orang yang tak bermoral,” tutup Eby.

Seperti diberitakan sebelumnya Empat orang siswi di Jayapura, Papua, diduga menjadi korban pemerkosaan yang dilakukan politikus dan pejabat. Polisi menyebut korban dan terdugapelaku pemerkosaan sudah berdamai.