Pernyataan Faldo Maldini yang mempertanyakan kepentingan di balik aksi Mahasiswa di KPK mendapat kritik dari Juru Bicara (Jubir) Muda PAN Faiz Arsyad.

Faiz justru membela mahasiswa yang menurutnya murni menyampaikan aspirasi dan karena itu tidak perlu dicurigai berlebihan.

“Saya heran dan tidak habis mengerti kenapa setiap ada aksi mahasiswa, Faldo selalu curiga dan menganggap ada titipan kepentingan pihak lain. Apa segitu alerginya sama suara mahasiswa?,” kata Faiz di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Faiz meyakini pernyataan Faldo tidak mewakili sikap pemerintah. Bahkan pernyataan tersebut berpotensi merugikan pemerintah dan justru akan memperburuk citra pemerintah bahwa itu seolah kebijakan pemerintah. Padahal sikap Faldo bertentangan dengan kebijakan presiden.

“Saya yakin Pak Jokowi orangnya demokratis, terbuka atas kritik dan mendengar aspirasi mahasiswa. Pak Presiden memahami betul bagaimana pergolakan dan dinamika mahasiswa Indonesia sebagai bagian dari kelompok kritis. Sikap ini yang seharusnya diikuti oleh Faldo dan jajaran pemerintah yang lain,” lanjutnya.

Di sisi lain, Faiz juga tetap menghimbau agar mahasiswa yang berdemonstrasi di KPK tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

“Sebagai kaum muda terpelajar, saya berharap mahasiswa berkomitmen menjaga Protokol Kesehatan saat aksi demonstrasi agar tidak di framing menjadi sumber klaster baru dalam penyebaran Covid 19. Juga saya masih yakin bahwa gerakan mahasiswa adalah moral force, untuk berjuang menegakkan nilai-nilai yang baik buat kehidupan rakyat dan bangsa,” tutup Faiz.