Partai Amanat Nasional bergerak cepat untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. Melalui DPD PAN dan PUAN Kabupaten Lumajang, sejumlah bantuan disalurkan langsung ke lokasi bencana, Minggu (5/12/2021).

“Begitu mendengar Semeru erupsi, kami langsung berkoordinasi untuk memberikan bantuan. Kami bergerak karena merasa prihatin dengan musibah yang menimpa saudara-saudara kita. Juga melaksanakan instruksi Ketua Umum untuk bergerak cepat membantu korban erupsi,” kata Sekretaris DPD PAN Kabupaten Lumajang, Dudik Kurniadi.

Aktivis-aktivis PAN dan PUAN turun ke Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, salah satu desa terparah terkena erupsi. Mereka membawa bantuan berupa kebutuhan makan, obat-obatan ringan, peralatan mandi, kebutuhan bayi dan anak, serta pakaian dalam.

“Barang-barang itu yang saat ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di Semeru. Kami akan terus mengumpulkan dan menyalurkan ke sana,” imbuh Ketua DPD PUAN Kabupaten Lumajang, Ari Susanti.

Sebelumnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menginstruksikan Kader PAN di Jawa Timur dan Lumajang untuk segera bergerak memberikan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Semeru.

“Kita bantu semaksimal mungkin, bergerak dengan penuh rasa solidaritas. Khusus kepada kader PAN di Jatim, saya minta segera mulai bergerak. Konsolidasikan bantuan dari saudara-saudara kita lainnya,” kata Zulhas.