Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI dari Fraksi PAN, Achmad Hafisz Tohir, mengungkap dalam upaya mitigasi pandemi Covid-19, peran BKSAP DPR RI secara garis besar mengacu pada Resolusi PBB mengenai Kerjasama Internasional menghadapi Covid-19 yang implementasinya fokus pada Revitalisasi Sustainable Development Goals (SDGs). Bahkan optimalisasi program pemulihan ekonomi nasional, yang penjelasannya bisa disimak pada apendik-6.

“Pandemi COVID-19 berdampak pada setiap sektor. Selain sektor kesehatan, sektor ekonomi adalah yang paling terdampak akibat pandemi ini. Ada dua hal yang diingatkan Sekjen PBB,” katanya dalam kunjungan kerja dan sekaligus sosialisasi Diplomasi Parlemen “BKSAP” di Palembang, dilansir dari Suarainvestor.com, Senin (13/9/2021).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Walikota Palembang, Harnojoyo, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.A, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan dan Perwakilan Mahasiwa, sivitas akademika.

Lebih jauh kata Hafisz, pandemi Covid-19 menjungkirbalikkan tatanan kehidupan manusia; Lalu, memicu resesi global yang sangat parah. “Untuk itu kita perlu mengokohkan solidaritas, sinergi dan kolaborasi antarmasyarakat pada skala global dan nasional,” ucapnya.