Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PAN, Andi Yuliani Paris menyatakan pemerintah harus melindungi UMKM, di antaranya di bidang kuliner, pada masa pandemi Covid-19. Satu di antaranya membantu menyediakan bahan baku makanan dari dalam negeri. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah berupaya mencari solusi penyediaan bahan baku makanan di Indonesia, satu di antaranya adalah gandum.

“Seperti India yang negara tropis, mampu menghasilkan gandum. Akan lebih baik Indonesia bisa. Industri tepung terigu menjadi vital bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan ini. Maka perlu diupayakan. jangan sampai kita selalu kekurangan bahan baku,” ungkap Andi Yuliani dilansir dari Berita Parlemen, Selasa (22/2/2022).

Hal tersebut dikemukakan Andi di sela-sela mengikuti kunjungan kerja reses Komisi VII DPR RI ke PT Indofood Tbk – Divisi Bogasari, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/2/2022).

Tidak hanya itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut meminta pemerintah juga tegas membuat sekaligus menerapkan kebijakan untuk melindungi UMKM. Komitmen pemerintah menjadi perhatiannya karena ia tidak ingin kasus minimnya stok minyak goreng sawit di Indonesia terulang.

“Kasus minyak goreng, bahan bakunya dari dalam negeri, tapi masyarakat pun sulit memperolehnya. Oleh karena itu, saya minta komitmen pemerintah untuk melindungi UMKM. Memang Indonesia tidak bisa langsung otomatis berhenti impor, Jika terjadi perubahan harga, kebijakan impor, tax barrier, yang nantinya akan berpengaruh pada ketersedian pangan. Maka perlu adanya antisipasi,” tandas Andi Yuliani.