Anggota DPR RI Fraksi PAN dari daerah pemilihan Sumbar 2, Guspardi Gaus menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) karena terpilih menerima kehormatan sebagai salah satu tokoh Keterbukaan Informasi Publik 2021atau Achievement Motivation Award (AMP).

Pada awalnya sempat kaget karena tidak menyangka akan dipilih menerima penghargaan dari KISB. Disamping itu apa indikator yang digunakan KISB  menetapkan dirinya sebagai  tokoh yang dipilih menerima penghargaan ini. Setelah disampaikan alasan lewat surat resmi akhirnya saya memutuskan hadir  untuk menerima Anugerah tokoh keterbukaan informasi publik 2021, ujar Guspardi saat di mintai keterangannya, Senin (03/1/22).

Dalam menjalani tugas sebagai anggota DPR  sejak dari anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat sampai saat ini di beri amanah sebagai anggota DPR RI, dirinya mengaku selalu  berupaya melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Dan juga selalu terbuka dan welcome ketika hendak diwawancarai pers, baik langsung maupun via telepon ataupun lewat WhatsApp, ungkap anggota komisi II DPR RI ini.

Legislator asal Sumatera Barat itu menjelaskan bahwa saat ini sedang mempersiapkan 3 ( tiga) buah buku. 2 buku berisi kompilasi  berbagai catatan kritis, masukan dan usulan serta  kegiatan saya selama menjadi anggota DPR RI  yang di liput oleh berbagai media. Sementara buku satu lagi berisi kumpulan wawancara atau talk show dengan radio Elshinta Jakarta dengan berbagai topik hangat tentang permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dan negara.

Ketiga buku yang sudah selesai dikompilasi dan akan segera naik cetak tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pertanggungjawaban saya kepada publik.Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai kegiatan saya sebagai wakil masyarakat Sumatera Barat sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Sumbar 2, tutur Politisi PAN ini.

Semoga penghargaan yang diberikan di penghujung tahun 2021 ini bisa menjadi cimeti bagi saya untuk senantiasa memperjuangkan aspirasi masyarakat. Mohon doanya dan dukungannya agar saya dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik lagi kedepannya, pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sementara itu, Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, KISB  mengatakan bahwa penghargaan diberikan kepada tokoh di Sumbar yang berkomitmen tinggi dalam keterbukaan informasi publik. Ia berharap Guspardi menjadi triger keterbukaan informasi publik di DPR RI dan mitra kerja Komisi II.

“Popularitas lembaga KI ini masih rendah, jadi tokoh KIP 2021 pak Guspardi menjadi triger populer bagi KI se Indonesia,” ujar Nofal Wiska.

Adrian Tuswandi, Komisioner KISB juga berharap Guspardi Gaus dapat memperkuat kinerja KI Provinsi se Indonesia.

Tanti Endang Lestari selaku Ketua Monev Badan Publik yang juga komisioner KISB mengatakan AMP award 2021 diberikan kepada  Guspardi Gaus setelah  melewati berbagai tracking dari KISB sendiri. ” Ada kekuatan dari Pak Guspardi Gaus dalam memproduksi informasi selaku wakil rakyat sarat nilai-nilai informasi publik, itu tracking kita di 2021,” ujar Tanti.