Hari Jumat adalah hari yang paling utama di hari-hari yang lain. Di hari itulah Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Semangat inilah yang coba digiatkan melalui program “Sedekah Jum’at Berkah” PAN Sleman, sebuah program yang dilaksanakan setiap hari Jumat untuk menebar manfaat kepada sesiapa yang membutuhkan dan juga menampung bagi yang berkeinginan bersedekah namun tak punya waktu melakukannya sendiri.

Female kitchen sebuah perkumpulan yang terdiri dari ibu-ibu simpatisan PAN di DPD PAN Sleman. Mereka melakukan kerja sosial dengan menyediakan dan membagikan makanan gratis sebanyak 500 porsi setiap hari Jumat untuk masyarakat Sleman yang dilakukan secara bergilir di 17  kapanewon.

Keberadaan Female Kitchen PAN yang berangkat dari kepedulian terhadap sesama di masa pandemi, karena pandemi ini menjadi masa yang sulit bagi kebanyakan warga yang terdampak akibat adanya pandemi.

Program yang digelar oleh DPD PAN Sleman kerja bareng dengan Mumtaz Rais foundation ini sudah berjalan sejak akhir Agustus 2021 ini diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan. Proses persiapan yang  dilakukan dimulai dengan proses memasak, packing makanan, hingga distribusi makanan ke warga yang dituju.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya sehingga program ini dapat berjalan lancar,” kata koordinator kegiatan Ika Puji, dilansir dari Menara62.com, Jumat (20/11/2021).

Sri Laras Asih koordinator Kapanewon Kalasan,Ngemplak dan Prambanan beserta team Female kitchen dalam kesempatan Jum’at 19 November 2021  menyampaikan paket kepada takmir dan pengurus Masjid Ukhuwah Keniten Tamanmartani Kalasan yang diterima oleh H Bukhori yang juga merupakan  mantan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman.

“Kami berharap kegiatan Jum’at berkah ini bisa menyasar ke banyak warga yang membutuhkan, setidaknya sehari itu bisa tersenyum atas rejeki yang diterima dan semoga tidak hanya dalam kegiatan ini saja tapi juga untuk pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita,” tuturnya.