Rencana Presiden Jokowi menemui Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, untuk mendorong perdamaian kedua negara didukung anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PAN, Ahmad Rizki Sadig. Rizki Sadig mengatakan Indonesia harus ikut berkontribusi dalam menjaga perdamaian dunia, sebagaimana amanat pembukaan UUD 1945.
“Saya mengapresiasi Presiden Jokowi yang akan melakukan lawatan ke Ukraina dan Rusia, untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin,” kata Rizki, dilansir dari Detikcom, Rabu (22/06/22).

“Langkah ini adalah bentuk implementasi Undang-Undang Dasar kita dalam rangka turut menjaga perdamaian dunia,” imbuhnya.

Rizki menilai rencana pertemuan Presiden Jokowi dengan Putin dan Zelensky merupakan implementasi kebijakan politik luar negeri ‘bebas aktif’. Terlebih, sebut anggota DPR dari Fraksi PAN itu, perang Rusia dengan Ukraina patut diduga menimbulkan banyak masalah bagi dunia internasional.

“Selain itu, konflik Ukraina dan Rusia ini disinyalir telah membawa banyak masalah bagi dunia, baik krisis energi serta kelangkaan pangan yang memicu terjadinya inflasi, yang membuat sejumlah negara di jurang resesi. Tentu kunjungan Jokowi ini diharapkan bisa menjadi titik temu perdamaian dan stabilitas global,” sebut Rizki Sadig.

Lebih lanjut Rizki menuturkan lawatan Jokowi ke Rusia dan Ukraina bakal menjadi sejarah. Sebab, jika pertemuannya terealisasi, Jokowi bakal jadi pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi Rusia dan Ukraina di tengah kondisi perang.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia agar tetap mendukung segala bentuk politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif demi mewujudkan perdamaian dunia. Tidak hanya pada konflik Ukraina-Rusia, tetapi juga di titik konflik dengan isu kemanusiaan lainnya, seperti yang terjadi di Palestina,” pungkas Ketua DPW PAN Jawa Timur itu.

Diberitakan sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi mengungkapkan rencana Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Lawatan Jokowi ke dua negara itu akan dilakukan setelah menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni ini.

Sumber : Dukung Jokowi Temui Putin-Zelensky, Rizki Sadig Harap Ada Perdamaian