DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat menjadi salah satu pelopor partai politik di Jabar yang melakukan vaksinasi kepada remaja usia 12-17 tahun‎.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 massal ini pun langsung dilakukan di Kantor DPW PAN Jabar,  di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, dengan prokes yang ketat, pada Minggu (18/7/2021).

Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari mengatakan vaksinasi Covid-19 yang diprioritaskan bagi remaja tersebut bertujuan melindungi generasi ke depan yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia. Apalagi kata dia, mereka para remaja ini harus dan wajib dilindungi.

“Alhamdulillah kami dari DPW PAN Jabar melaksanakan‎ vaksinasi massal untuk hari ini yang diprioritaskan untuk remaja. Namun beberapa ada juga yang sudah dewasa dan lansia untuk vaksin di sini, ini demi mempercepat pemulihan ekonomi bangsa akibat pandemi ini,” kata Desy di lokasi, dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

Menurut Desy untuk di Jawa Barat, vaksinasi Covid-19 massal oleh DPW PAN Jabar bukanlah yang pertama. Sebelumnya, ada pula vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Depok.

Sementara di DPW DKI Jakarta pun sudah dilakukan hampir bersamaan dengan dengand DPP PAN.

“Atas perintah ketua umum pun, prokes ketat harus terus dijalankan dalam proses vaksinasi massal. Sekaligus juga taat hukum di masa PPKM Darurat juga ditekankan oleh Ketua Umum PAN Pak Zulkifli Hasan. Bahkan untuk menuju Kota Bandung pun saya dari Sukabumi mengeluarkan surat jalan lengkap, termasuk hasil rapid test antigen dan surat vaksinasi,” ucapnya.

Desy juga mengaku pemberian vaksinasi Covid-19 pertama memang dilakukan di Gedung DPW PAN Jabar yang lama di Ibrahim Adjie tersebut.

Hanya saja bagi para penerima vaksin ini untuk vaksinasi Covid-19 keduanya akan dilaksanakan di Gedung DPW PAN Jabar baru yang kini dalam proses finishing di Jalan Pelajar Pejuang 45.

“Jadi sekaligus perkenalan gedung baru lah nanti untuk vaksin kedua,” ucapnya.

Sementara jumlah yang divaksin ini untuk hari ini adalah berjumlah 1.000 orang. Rencananya untuk DPW PAN Jabar sudah menyiapkan 3.500 vaksin yang akan diberikan setelah vaksin kedua di gedung DPW PAN Jabar pada kegiatan vaksinasi Covid-19 lainnya.

Disinggung mengenai ‎pelaksanaan PPKM Darurat menurut Desy hal itu tergantung dari peran serta masyarakat juga.

“Mau diperpanjang atau tidak kalau masyarakat tidak berdisiplin maka hal itu akan dirasa percuma,” ucapnya.

Selain itu, kata Desy, masyarakat sebaiknya juga tetap tinggal di rumah sementara agar bisa beraktivitas di kemudian hari dengan baik.

Meskipun ada juga yang tetap memaksa bekerja atau berjualan tetapi itu harus dimaklumi.

“Nah, masyarakat pun kalau ditertibkan harus maklum juga dan aparat yang menertibkan jangan arogan juga. Jadi cobalah saling memahami di saat-saat seperti ini,” ucapnya.

Sementera itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno diberi kesempatan untuk membuka secara langsung acara vaksinasi Covid-19 massal tersebut.

Eddy pun berterima kasih kepada semua pihak yang membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini baik dari RS Al Ihsan, PPNI dan lainnya.

Eddy pun berpesan kepada seluruh Kader PAN di Indonesia agar tetap mematuhi aturan di masa PPKM Darurat ini.

Menurut Eddy kepada petugas yang menemukan kader PAN yang melanggar hukum silakan diproses saja.

“Ini akan menjadi gaung‎ positif bagi masyarakat bahwa hukum berlaku pada siapa saja,” ucapnya.

Salah satu penerima vaksinasi Covid-19 yaitu Rizky (13) menerima bantuan tabungan pendidikan pada acara tersebut.

Hebatnya lagi, meski sudah mengikuti vaksinasi Covid-19, Rizky tak merasakan lemas dan lunglai seperti pada umumnya mereka yang divaksin.