Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Gorontalo, mulai merekrut saksi yang akan bertugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Target kita sangat luar biasa dalam memenangkan Pemilu 2024. Maka kerja partai pun mulai dimaksimalkan sedini mungkin, mulai dari perekrutan para saksi yang akan bertugas di hari pemungutan suara hingga penetapan suara nanti,” kata Ketua DPW PAN Provinsi Gorontalo, Anas Jusuf, dilansir dari Gorontalo.antaranews.com, Senin (18/7/2022).

Ia pun menegaskan hal itu pada rapat kerja daerah (Rakerda) I DPC PAN Kabupaten Gorontalo Utara, sebagai Rakerda pamungkas dari enam kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo, sebelum menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil).

Menurutnya, para saksi menjadi salah satu elemen pendukung yang sangat penting dalam meraih kemenangan di Pemilu 2024.

Peran saksi tidak hanya menjaga perolehan suara, namun ikut mengawasi jalannya pemilihan umum agar berlangsung aman, jujur, adil dan lancar.

Seluruh kader PAN baik calon anggota legislatif maupun bukan calon, dapat merekrut orang untuk menjadi saksi.

Sebab saksi partai, tidak sekadar bekerja di hari pemungutan suara, namun akan menjadi mitra dan simpatisan partai yang ikut membesarkan PAN dalam meraih target kemenangan.

Seperti di Kabupaten Gorontalo Utara, telah berhasil merekrut 60 persen untuk saksi pada Pemilu 2024.

“Kita maksimalkan kerja partai sedini mungkin, agar tidak kebingungan mencari saksi. Sebab kadang-kadang bekerja di waktu yang mepet dapat berakibat fatal. Bahkan ada tempat pemungutan suara tidak memiliki saksi. PAN harus dapat merekrut sesuai jumlah yang diperlukan,” katanya.

Untuk Pemilu 2024 kata Anas, pihak Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, akan mengambil alih seluruh biaya operasional saksi.

Sehingga seluruh kader atau pengurus PAN yang akan merekrut, harus melengkapi data saksi. Wajib memberi identitas lengkap, yaitu nama yang disertai alamat lengkap.

PAN, kata Anas, menargetkan perolehan minimal 7 kursi untuk DPRD Provinsi.

“Pada Pemilu 2019, kita mengalami penurunan perolehan hanya tersisa 3 kursi,” katanya.

Pemilu 2024, kemenangan wajib signifikan, termasuk target meraih kursi pimpinan DPRD di 6 kabupaten dan kota. Serta 1 kursi DPR RI.

Khusus calon anggota DPR, Anas memastikan, kursi PAN telah terisi penuh.

Sehingga partai mulai fokus merekrut saksi dan memastikan PAN terus optimal bekerja untuk kemenangan Pemilu 2024.

Anas Jusuf memastikan meraih kemenangan signifikan pada Pemilu 2024.