Tahapan Pemilu 2024 semakin dekat, KPU maupun Parpol peserta Pemilu tentunya sudah mulai mempersiapkan diri. Itu pula yang dilakukan DPW PAN DIY yang mengadakan serangkaian acara pelatihan yang dikemas dalam Pelatihan Kader Amanat Dasar (LKAD) yang digelar secara marathon pada tanggal 7–9 Januari 2022 dengan mengambil tempat di Hotel Griya Persada Jl. Boyong 99 Kaliurang Pakem Sleman.

Dalam amanat pidato pembukaan Ketua Umum DPP PAN DR.H. Zulkifli Hasan mengatakan pembenahan infrastruktur partai harus dilakukan secara mendasar salah satunya dengan upgrading disemua lini agar semakin tahu tujuan berpolitik. “Perjuangan politik melalui jalur legislatif dan eksekutif adalah sebuah profesi paling strategis di mana akan menentukan akan kemana arah kekuasaan dibawa. Tentunya dengan pilihan sebagai partai jalan tengah yang membawa PAN berjuang untuk kemaslahatan alam semesta,” tuturnya.

Ini lanjut Zulkifli, sesuai dengan logo PAN yakni matahari yang selalu memberi kepada semua, tak pernah ingkar janji dan senantiasa memberikan harapan.

Kegiatan LKAD tersebut jelas Steering Comitte acara, Respati AS diikuti sekitar 70 peserta terdiri dari pengurus harian DPW PAN DIY beserta organisasi otonom, anggota fraksi PAN DPRD DIY serta Kabupaten/Kota se-DIY. Hadir pula Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Bupati Kulon Progo H. Sutedjo dan mantan Bupati Sleman H. Sri Purnomo, Anggota DPR RI Ibnu Mahmud Bilaludin, Bendahara DPP Totok Daryanto, Wakil Ketua Viva Yoga dan jajaran instruktur.

Para peserta akan dibekali dengan berbagai kiat memenangkan pemilu legislative dengan Master of Training dari DPP PAN. Adapun materi pelatihan meliputi Perkembangan Politik dan Manajemen Saksi dari DPP, Keistimewaan D.I. Yogyakarta disampaikan DR. Hempri Suyatno. Lalu materiTahapan Pemilu dan Persyaratan Parpol dan Pencalegan Pemilu 2024 oleh Hamdan Kurniawan KPUD DIY dan Public Speaking dengan pemateri Prof. Dr. Drs. Suwarna, M.Pd.

Pelatihan perkaderan merupakan program utama yang harus dilakukan partai politik untuk menciptakan kader partai yang berkualitas, kreatif dan memiliki kapabilitas, sesuai kebutuhan partai dan setiap kader, untuk menjalankan peran, tugas serta fungsi masing-masing.

Ketua DPW PAN DIY Suharwanto, ST mengatakan dengan pembinaan dari DPP yang konsisten dan mendasar, tentunya akan berkontribusi pada  kejayaan PAN DIY.