Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI, Ashabul Kahfi, ikut membantu pemerintah dalam membangun herd imunity (kekebalan kelompok) untuk menangani pandemi Covid-19. Kahfi yang juga anggota Komisi IX ini menginisasi kegiatan vaksinasi massal bagi seribu orang di Makassar.

Vaksinasi massal yang diinisiasi politisi PAN itu berlangsung di Hotel Lamacca, Universitas Negeri Makassar persis di hari kemerdekaan, 17 Agustus 2021 lalu.

Warga yang didominasi pemuda berbondong-bondong mengikuti kegiatan sosial ini. Aksi sosial ini dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Semua peserta mengenakan masker dan duduk sesuai jarak yang sudah ditentukan panitia agar tidak berkerumun.

Menururut Kahfi, vaksinasi massal yang digelar persis di hari kemerdekaan memberi makna dalam konteks kekinian, merdeka berarti bebas dari ancaman covid-19. “Vaksinasi adalah salah satu langkah memerdekakan diri dari virus korona,” jelasnya, dilansir dari Beritakotamakassar.com, Selasa (24/8/2021).

Jika dahulu, lanjut Kahfi, persatuan menjadi kata kunci perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, maka kini persatuan dapat dimaknai kolaborasi dan bergandengan tangan mengatasi pandemi maupun dampak ikutannya.

“Kolaborasi dalam menegakkan protokol kesehatan, maupun kepedulian terhadap sesama, yang mungkin terkena dampak Covid, misalnya terkena PHK, atau usaha yang gulung tikar,” ucapnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sulsel tiga periode ini juga menyorot kemerdekaan dalam sektor kesehatan.

“Merdeka juga berarti kemandirian dalam memproduksi obat dan alkes sendiri. Covid-19 telah membuka mata kita, bahwa dalam sektor kesehatan, ketergantungan kita terhadap pihak luar masih sangat tinggi,” katanya.

“Insyaallah itulah salah satu tugas utama kami di Komisi IX, mengawal kemerdekaan di bidang kesehatan dan ketenagakerjaan,” lanjut ketua DPW PAN Sulsel ini.