Wakil Ketua MPR RI, yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional Dr (HC) H Zulkifli Hasan bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Muhammadiyah Sulawesi Selatan, di Kampus Unismuh Makassar, Senin (22/11/2021).

Dalam kunjungannya, Zulkifli Hasan mengenang secara historis kelahiran partai yang dipimpinnya. “PAN ini lahir dari forum Tanwir Muhammadiyah. Jadi, saya ini hanya ibarat CEO di PAN. Pemegang sahamnya adalah Muhammadiyah,” ungkap Zulkifli Hasan, dilansir dari Fajar.co.id, Senin (22/11/2021).

Oleh karena itu, lanjutnya, setiap berkunjung ke daerah, ia selalu menyempatkan diri bersilaturahmi ke Pimpinan Muhammadiyah.

“Kami ingin mendengar saran dan masukan dari Pimpinan Muhammadiyah. Di tingkat Pusat, kami selalu konsultasi dengan Ketua Umum Muhammadiyah Prof Haedar, dan Sekum Prof Mu’ti,” jelas mantan Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan PWM Lampung ini.

Zulkifli Hasan mengingatkan, berbagai kebijakan publik yang menentukan hajat hidup orang banyak ditentukan oleh keputusan politik.

“Bisa saja kita berkumpul banyak, demo jutaan orang. Tapi keputusan tetap ada di eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

Menurutnya, jika warga Muhammadiyah abai dengan politik, maka akan lahir berbagai kebijakan publik yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Muhammadiyah.

“Liberalisasi Pendidikan yang sempat mau menumpang di UU Omnibus Law, berhasil kita batalkan karena perjuangan politik. Atau berbagai kebijakan yang bernilai sekular, akan sulit dibendung, jika umat Islam tidak mendorong kader-kader terbaik masuk ke ranah politik,” jelasnya.

Zulkifli Hasan mencontohkan hasil perjuangan politik warga Muhammadiyah di Jawa Timur yang mendorong salah satu kader terbaiknya, yang juga Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Prof Zainuddin Maliki sebagai Calon Anggota DPR RI.

“Karena Muhammadiyah di sana kompak, Prof Zainuddin bisa terpilih. Sekarang beliau sangat vokal mengawal kebijakan Pendidikan di Komisi X. Beliau juga sangat giat, turun ke basis Muhammadiyah mengingatkan pentingnya terlibat dalam pengambilan keputusan publik melalu jalur politik,” jelas Zulkifli Hasan.

Usai acara, Zulkifli Hasan memberikan beasiswa secara simbolik kepada perwakilan mahasiswa Unismuh, yang diperjuangkan oleh Anggota Komisi VII DPR RI Dr Ir Andi Yuliani Paris, MSc. Ia juga sempat menikmati pemandangan Kota Makassar dari Puncak Menara Iqra, Lantai 18 Unismuh Makassar.