Perjuangan Anggota DPRD Pesisir Selatan dari Fraksi PAN, Novermal Yuska, akhirnya membuahkan hasil. Pasalnya, utang pak Saril, pasien yang kedua kakinya diamputasi akibat tersetrum listrik di RSUP M Djamil Padang, sebanyak Rp82,8 juta telah lunas.

Pelunasan itu berkat bantuan donasi manajemen PT PLN (Persero) dan pengurus Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar), pada Jumat sore, 3 September 2021.

Hal itu disampaikan Novermal melalui akun facebooknya. Menurut dia, manajemen PT PLN (Persero) dan pengurus Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar), menyerahkan donasi secara simbolis kepada Pak Saril.

Donasi sebanyak Rp82,8 juta tersebut diserahkan kepada Ibu Sios, isteri Pak Saril, untuk melunasi utang biaya berobatnya di RSUP M Djamil Padang.

“Donasi ini dari zakat karyawan PLN yang dikelola YBM PLN,” kata Manager PLN UP3 Padang, Jefri Husni, yang didampingi oleh Humas, Afriman dan Pengendali K3L dan Keamanan PLN UIW Sumbar, Misran Hasra, dilansir dari Jurnalsumbar.com, Minggu (5/9/2021).

“Semoga Pak Saril cepat sembuh, dan terus bersemangat dan optimis menapak kehidupan baru setelah sembuh nanti,” tambahnya.

Pak Saril dan isterinya mengucapkan terima kasih kepada pejabat PLN yang hadir.

“Terima kasih banyak ya pak,” ucap Pak Saril yang terlihat sangat terharu mendapat bantuan untuk melunasi utang berobatnya tersebut.

“Terima kasih banyak ya pak,” timpal Ibu Sios, isteri Pak Saril.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian manajemen PLN kepada Pak Saril yang lagi ditimpa musibah. Semoga donasi ini menjadi ladang amal bagi karyawan PLN yang berzakat di YBM PLN UIW Sumbar,” ucap Novermal.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Andre Rosiade, Anggota DPR RI Komisi BUMN yang telah mensupport saya berkomunikasi dengan manajemen PLN, dan juga berjanji akan membantu sepasang kaki palsu untuk Pak Saril,” tambah Ketua Fraksi PAN DPRD Pessel itu.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional 1 Sumatera, Kementerian Sosial yang sudah bezuk Pak Saril untuk dilakukan recoveri pasca keluar rumah sakit nanti.

Diketahui, Pak Saril adalah seorang petani di Koto Panjang, Nagari Punggasan Timur, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan yang tersetrum listrik PLN ketika panen sawit pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021 lalu.

Ujung kedua kakinya hangus, dan beberapa jarinya putus, dan rusuk sebelah kanannya luka bakar sangat parah. Pak Saril dirujuk ke RSUP M Djamil untuk penanganan lebih lanjut. Pak Saril tidak punya kartu BPJS Kesehatan.

Dalam penanganan tim medis RSUP M Djamil, kedua kaki Pak Saril harus diamputasi, dan rusuknya yang luka bakar sangat parah juga harus dioperasi.

Biaya berobatnya Rp107,8 juta. Setelah diansur Rp25 juta dengan donasi yang terhimpun, Pak Saril masih terutang Rp82,8 Juta.

Setelah keluar rumah sakit, dan masuk lagi, kini biaya operasi lanjutan Pak Saril pada rusuknya dan pengobatan lainnya sudah ditanggung BPJS Kesehatan.