Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani,  menyebutkan tidak ada kalimat penggiringan opini terkait pilkada serentak 2024 yang dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Zita mengatakan, Anies tidak mengaitkan Pilgub 2024 dengan upaya mengganjal ambisi politiknya untuk maju menjadi gubernur DKI periode kedua.

“Dalam acara workshop nasional PAN, sama sekali Pak Gubernur Anies tidak pernah mengaitkan Pilgub 2024 dengan usaha mengganjal (karier politik) dia,” tutur Zita, dilansir dari Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ini menyebutkan, acara workshop bersama Anies itu dimoderatori oleh dirinya.

Zita mengatakan, selama sesi diskusi yang dia pimpin, Anies tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti yang dituduhkan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Zita menyarankan pihak-pihak yang menuding untuk melihat secara utuh video yang telah ditayangkan di YouTube PAN TV.

“Tunjukkan di mana Gubernur Anies mengesankan seperti itu di videonya. Kalau ada pihak yang menafsirkan secara bebas saat acara bimtek PAN, itu ya salah banget,” ujar dia.

Sebelumnya, Prasetio meminta Anies tidak membuat opini di tengah masyarakat bahwa pemerintah pusat sengaja memundurkan proses pilkada di DKI Jakarta.

Menurut Prasetio, pernyataan Anies yang menyebutkan tidak ada Pilkada 2022 seolah-olah menuduh pemerintah pusat untuk mengganjal ambisi politiknya.