Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Riau, Zulfi Mursal mendorong pembentukan panitia khusus (pansus) untuk menertibkan aset-aset daerah sebab banyak aset daerah terbengkalai, tidak terurus dan bahkan ada yang sudah berpindah tangan.

Menurutnya, untuk mengurai persoalan aset daerah, Pemprov Riau dituntut untuk serius dan fokus, harus ada upaya pembenahan yang dilakukan secara menyeluruh dimulai dengan melakukan inventarisir seluruh aset, hingga manajerial pengelolaan aset yang tepat dan tersistem.

“Persoalan aset sudah menjadi perhatian kita sejak dulu. Memang seperti benang kusut yang harus hati-hati kita mengurainya karena ada banyak aset yang tidak kita temukan, ada aset yang rusak berat dan juga ada aset yang tidak terawat karena sudah tidak dianggarkan perawatannya oleh pemerintah,” kata Zulfi Mursal di Pekanbaru, dilansir dari Antaranews.com, Selasa (23/11/2021).

Zulfi mengkritisi kurangnya kepedulian pemerintah daerah terhadap kondisi aset ini. Padahal aset yang bernilai fantastis ini jika dikelola dengan baik dapat menjadi sumber pemasukan bagi kas daerah.

“Diperlukan peran semua pihak lah, aset yang dimiliki Pemprov Riau itu banyak tersebar di seluruh kabupaten/kota, ada juga tidak teridentifikasi. Bahkan ada yang berada di luar provinsi. Makanya kita mendorong agar pansus ini segera dibentuk,” kata Anggota Komisi I DPRD Riau itu.

Zulfi mengaku heran mengapa sangat sulit bagi instansi terkait melakukan pembenahan aset sampai bertahun-tahun tidak ada solusinya. Pemprov Riau harusnya jeli menangkap peluang dari pengelolaan aset yang potensial mendatangkan keuntungan bagi daerah. Bukan dibiarkan tidak terurus yang justru menimbulkan beban untuk biaya perawatannya.